500 Penari Topeng dan Kuda Kencak Tampil di Event South Beach Festival

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Marno

24 Juni 2023 17:26 24 Jun 2023 17:26

Thumbnail 500 Penari Topeng dan Kuda Kencak Tampil di  Event South Beach Festival Watermark Ketik
Segoro Topeng, salah satu acara di South Beach Festival (Foto : Abdul Fatah / Ketik.co.id)

KETIK, LUMAJANG – Empat organisasi perangkat daerah (OPD) di Lumajang berkolaborasi menggelar South Beach Festival (SBF) di Pantai Watu Pecak Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang.

Empat OPD itu meliputi Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Pemuda dan olahragara.

Kepala Dinas Pariwisata Lumajang Ir. Yuli Harismawati mengatakan, keempat OPD ini menggelar event yang berbeda dalam satu rangkaian South Beach Festival.

Pada hari pertama SBF digelar resik-resik pantai yang dimotori oleh Dinas Lingkungan Hidup, Mahameru Kita Festival (Lomba Layang-layang) oleh Dinas Pemuda dan Olahraga, Watu Pecak Fishing Tournament oleh Dinas Perikanan dan puncaknya digelar Minggu besok, yakni Segoro Topeng yang akan menampilkan 500 penari Topeng Kaliwungu. 

"Untuk Segoro Topeng yang menampilkan 500 penari, akan dijadikan event wisata resmi Kabupaten Lumajang. Ini akan didaftarkan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN). Harapan kita, SBF ini menjadi event ikonik wisata Lumajang dan Jawa Timur," kata Yuli Harismawati.

Segoro Topeng Kaliwungu juga akan disertai dengan penampilan Jaran Kencak yang merupakan warisan budaya dari Kabupaten Lumajang.

"Kami punya keyakinan SBF ini akan menjadi kalender wisata kita cukup menarik. Terlebih penampilan Segoro Topeng Kaliwungu, nantinya diharapkan sejajar dengan event wisata lainnya di Jatim," jelas Yuli.

Menurut Yuli, masyarakat yang ingin menyaksikan Segoro Topeng Kaliwungu, bisa datang ke Pantai Watu Pecak, Minggu (25/6) besok. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

South Beach Festival Wisata Lumajang berita lumajang hari ini