6 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Daya Ingat

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

19 Agustus 2023 21:00 19 Agt 2023 21:00

Thumbnail 6 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Daya Ingat Watermark Ketik
ilustrasi kunyit atau kurkuma (Foto: UMSU)

KETIK, JAKARTA – Kunyit atau Kurkuma merupakan tanaman rempah yang banyak ditemui di Indonesia. Tamanan ini juga biasa digunakan sebagai tambahan obat tradisional.

Kunyit memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, kandungan yang terdapat di dalam kunyit bisa mencegah kanker hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan:

Mengobati Peradangan

Kunyit mampu mengobati peradangan, bahkan dalam kondisi yang kronis. Penelitian juga menyebutkan bahwa kunyit mampu mengurangi gejala pada penyakit kolitis ulserativa atau radang usus.

Meningkatkan Daya Ingat

Kurkumin atau kunyit mampu meningkatkan daya ingat pada orang dewasa jika dikonsumsi secara rutin selama 18 bulan. Bumbu dapur ini juga mampu mencegah perkembangan penyakit Alzheimer.

Meringankan Radang Sendi

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kunyit mampu mengurangi rasa sakit akibat pengapuran sendi atau osteoartritis. Kurkumin juga menjadi akar pengobatan tradisional di Tiongkok.

Bersifat Antioksidan

Kunyit juga memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Seperti diketahui, radikal bebas cukup berbahaya bagi tubuh dan menjadi pemicu berbagai macam penyakit.

Mencegah Kanker

Berdasarkan hasil penelitian, kurkuma juga mampu mencegah pertumbuhan kanker di dalam tubuh. Bahkan, sebuah studi menyebutkan kunyit mampu mengurangi 40 persen kanker kolorektal.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kunyit ternyata mampu mengurangi risiko penyakit jantung karena mampu membalikkan proses penyakit jantung. Kurkuma juga bagus jika dikonsumsi dengan obat penurun kolesterol.(*)

Tombol Google News

Tags:

kunyit manfaat kurkuma