623 PPPK Nagan Raya Aceh Dilantik, Ini Petuah Pj Bupati Fitriany Farhas

Editor: Cutbang Ampon

10 Juni 2024 18:05 10 Jun 2024 18:05

Thumbnail 623 PPPK Nagan Raya Aceh Dilantik, Ini Petuah Pj Bupati Fitriany Farhas Watermark Ketik
Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas selfie bersama PPPK yang baru dilantik di Alun-alun Suka Makmue, Senin (10/6/2024). (Cutbang Ampon/Ketik.co.id)

KETIK, NAGAN RAYA – Sebanyak 623 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis formasi tahun 2023 di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, resmi dilantik.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas di Gedung Olahraga Alun-alun Suka Makmue, Nagan Raya, Senin (10/6/2024). 

Saat melantik ratusan PPPK, Pj Bupati Fitriany didampingi didampingi Asisten lll Setdakab Bambang Surya Bhakti dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Nagan Raya, Zulfikar Irhas.

Dalam arahannya, Pj Bupati Fitriany mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah janji PPPK yang kita laksanakan tersebut merupakan tindak lanjut terhadap peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa beberapa daerah seperti Provinsi Aceh dan kabupaten kota lainnya sudah menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan PPPK dan telah mengambil sumpah atau janji pegawai," ujar Fitriany.

Begitu juga dengan Nagan Raya, hal serupa juga dapat dilaksanakan seiring dengan telah selesainya proses usul penetapan PPPK di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XIII Banda Aceh dan telah selesainya proses penerbitan SK pengangkatan sebagai PPPK.

Lebih lanjut Fitriany menjelaskan, adapun jumlah PPPK jabatan fungsional yang dilantik dan diambil sumpah tersebut sebanyak 623 orang dengan rincian, tenaga guru sebanyak 135 orang, tenaga kesehatan sebanyak 461 orang, dan tenaga teknis sebanyak 27 orang.

Pada kesempatan itu, Fitriany berharap agar PPPK yang telah dilantik hendaknya dapat menghayati isi sumpah dan janji yang diucapkan, sehingga nantinya dapat menjalankan tugas dengan baik dan benar.

"Karena sumpah janji tersebut merupakan tanggung jawab saudara-saudari terhadap Tuhan yang Maha Esa dan bagi negara dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Dalam melaksanakan tugas utamakan etika, kejujuran, keikhlasan dan rasa tanggung jawab," ungkap Fitriyani.

Kepada para PPPK, Pj Bupati Nagan Raya berharap dapat menjadi teladan baik di lingkungan kerja maupun bagi masyarakat. Diingatkan, yang diperlukan bukan hanya yang rajin dan cerdas, tetapi juga harus berakhlak mulia.

"Saya minta, semangat juang itu tetap dijaga dalam menjalankan kewajiban sebagai ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya. Jadikanlah pengabdian saudara-saudari sebagai ladang amal ibadah," pintanya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Fitriany juga mengingatkan kepada PPPK jabatan fungsional guru memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar sebagai tenaga pendidik dalam memajukan kecerdasan peserta didik lakukan tugas dengan baik, disiplin dan profesional.

"Saudara-saudari memiliki peran besar dalam memajukan kualitas pendidikan sehingga dapat melahirkan anak-anak bangsa yang berakhlak mulia, pintar dan dapat mendukung kemajuan pembangunan negara kesatuan republik indonesia khususnya pembangunan kabupaten nagan raya yang kita cintai," imbuhnya.

Kemudian, untuk PPPK tenaga kesehatan diimbau agar menjalankan tugas dengan profesional sesuai profesi dan keahlian masing-masing, ikhlas dan maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Selanjutnya bagi PPPK jabatan fungsional tenaga teknis kami juga mengingatkan agar berkerja dengan disiplin, tanggung jawab dan menerapkan pelayanan dengan baik sesuai tugas dan fungsinya," tutur Fitriany.

Menurutnya, pencapaian PPPK yang menjalani sumpah dan dilantik tersebut merupakan kerja keras, maka sudah semestinya dapat disyukuri atas nikmat Allah.

"Maka untuk itu bersyukurlah dengan apa yang sudah diraih dan wujudkan rasa syukur itu dalam bentuk semangat yang tinggi, dengan menunjukkan kinerja yang berkualitas serta kedepankan etika dalam melaksanakan tugas nya nanti," pungkasnya 

Kegiatan tersebut turut dihadiri wakil ketua DPRK Nagan Raya, Sekretaris Daerah Ardimartha, Asisten 1, kepala OPD terkait serta tamu undangan lainnya. (*)

Tags:

pemerintahan Nagan Raya Fitriany Farhas Pj Bupati Nagan Raya PPPK ASN