677 Warga di Tiga Wilayah Riau Mengungsi Akibat Terjangan Banjir

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

8 Februari 2024 10:19 8 Feb 2024 10:19

Headline

Thumbnail 677 Warga di Tiga Wilayah Riau Mengungsi Akibat Terjangan Banjir Watermark Ketik
Beberapa warga terlihat mengungsi sembari dibantu aparat kepolisian. (Foto: Dok Polres Indragiri Hulu)

KETIK, INDRAGIRI HULU – Akibat banjir yang melanda 3 kabupaten di Provinsi Riau, sebanyak 677 warga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Wilayah yang terdampak banjir di Riau adalah Pelalawan, Indragiri Hulu dan Bengkalis. Ketiga wilayah tersebut terpantau masih terendam banjir hingga Rabu (7/2/2024).

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Ghofur mengatakan, saat ini beberapa warga di ketiga wilayah yang terdampak banjir sebagian masih ada yang mengungsi menunggu air surut. Namun, di satu sisi beberapa warga lainnya sudah mulai kembali ke rumah masing-masing.

"Sudah mulai surut, tapi masih ada beberapa wilayah yang airnya masih tinggi, jadi sisanya masih menunggu dan belum bisa kembali ke rumahnya," kata Jim.

"Untuk pengungsian sendiri tidak terkonsentrasi di satu tempat, ada beberapa warga yang lebih memilih ke rumah saudara yang lebih aman," tambahnya.

Sementara itu, sejak beberapa waktu lalu banjir juga sudah mulai surut karena PLTA Koto Panjang di dekat sungai kampar kembali mengurangi bukaan air waduk menjadi satu pintu.

Pengurangan bukaan pintu waduk kali ini yang kedua kalinya dilakukan setelah sebelumnya PLTA juga mengurangi bukaan pintu waduk dari lima pintu menjadi ketiga pintu.  Pengurangan dilakukan karena debit air masuk (inflow) dan elevasi di waduk PLTA Koto Panjang sudah mulai berkurang.(*)

Tags:

banjir warga mengungsi Sungai Kampar PLTA Koto Panjang