9 Bulan Pimpin Halsel, Hasan Ali Bassam Kasuba Jadi Tokoh Nasional Versi Majalah Tempo

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Muhammad Faizin

11 September 2024 20:10 11 Sep 2024 20:10

Thumbnail 9 Bulan Pimpin Halsel, Hasan Ali Bassam Kasuba Jadi Tokoh Nasional Versi Majalah Tempo Watermark Ketik
Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba (Foto: Ris for Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, Hasan Ali Bassam Kasuba dianugerahi penghargaan sebagai Tokoh Nasional tahun 2024 versi Majalah Tempo. 

Penghargaan ini diterima Bupati Bassam karena berhasil membangun perekonomian dan UMKM di daerahnya.

Bupati Bassam menerima langsung Penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia oleh Media TEMPO yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, melalui Sekretaris Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir. Acara bertempat di ruang Flores Hotel Borobudur Jakarta pada Selasa malam (10/09/2024).

Keberhasilan Bupati Bassam Kasuba selaku Bupati Halmahera Selatan dalam membawa kemajuan Perekonomian dan UMKM untuk daerah telah mendapatkan perhatian publik tidak terkecuali Media Mainstream Nasional seperti TEMPO Group.

Pria kelahiran Islamabad, Pakistan yang akrab dipanggil Bassam itu mendapatkan penghargaan dari Majalah TEMPO sebagai salah satu Tokoh Indonesia di tahun 2024 yang telah berjasa dalam memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan daerah. Khususnya dalam memajukan perekonomian dan UMKM di Bumi Saruma.

Tercatat ada 46 kepala daerah di Indonesia yang dianugrahi penghargaan sebagai tokoh Nasional tahun 2024 salah satunya Bupati Bassam Kasuba. Padahal kepala daerah dengan usia termuda ini tercatat baru 9 bulan menjabat sebagai Bupat Halmahera Selatan. Namun kinerjanya dinilai sangat luar biasa dalam memimpin daerah.

Ada 8 katagori penilaian yang diberikan kepada 46 Kepala Daerah, mulai dari gubernur, bupati hingga wali kota. Sedangkan untuk katagori keberhasilan bidang perekonomian dan UMKM diraih 6 kepala daerah.

Yakni Bupati Gorontalo Utara, Bupati Bekasi, Bupati Sumba Tengah, Walikota Probolinggo, Gubernur Kepulauan Riau dan Bupati Halmahera Selatan.

Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, yang diwakili Sekretaris Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir mengatakan sangat mengapresiasi acara pemberian penghargaan yang diberikan Media TEMPO kepada para kepala daerah yang masuk jajaran Tokoh Indonesia 2024. Hal ini dianggap sangat membantu Kementerian Dalam Negeri dalam menilai daerah-daerah di Indonesia yang telah berprestasi.

Pemberian penghargaan ini dinilai Kemendagri akan membuat iklim kompetitif di antara teman-teman Daerah, iklim Pemerintah akan lebih baik. Apresiasi ini juga sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras dan dedikasi para penjabat kepala daerah dalam memajukan daerahnya di tengah tantangan yang dihadapi.

“Saya berharap, penghargaan ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi para pemimpin daerah lainnya untuk terus berinovasi dan bekerja keras dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," pintanya.

Direktur Utama PT Media TEMPO Group, Arif Zulkifli menjelaskan, penghargaan ini tidak mudah diperoleh karena indikator penilaian yang ditetapkan oleh tim penilai sangat ketat. Penilaian juga melibatkan para ahli, akademisi dan tokoh yang memiliki Integritas dan reputasi tinggi dibidang masing – masing dan bekerja secara independen. 

Menurut Direktur Utama Media TEMPO apresiasi tokoh nasional sudah dilakukan TEMPO dalam 10 tahun terakhir, ini sebuah tanggungjawab media selain memberitakan, mengkritik kita juga harus memberikan apresiasi kepada Kepala Daerah yang berprestasi.

Sementara itu Bupati Bassam Kasuba, mengucapkan terimakasih kepada PT Media TEMPO atas penghargaan yang diberikan kepada dirinya sebagai Bupati yang masuk dalam jajaran tokoh nasional 2024.

Menurut Bassam penghargaan ini tidak hanya bagian dari dedikasi untuk Pemerintah Daerah, tapi juga bagian dari motivasi kami untuk terus mendorong pembangunan di daerah khususnya Perekonomian dan UMKM di Halmahera Selatan.

Diketahui Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba, merupakan satu – satunya kepala daerah di Provinsi Maluku Utara yang namanya masuk dalan jajaran katagori Tokoh Nasional tahun 2024 versi Media TEMPO Group. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Bupati Bassam Kasuba halmahera selatan Tokoh Nasional Majalah Tempo