Ada Persyaratan Lepas Hijab, Lowongan Kerja Toko Roti Dikecam Warga Bondowoso

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Mustopa

14 Juli 2024 13:31 14 Jul 2024 13:31

Thumbnail Ada Persyaratan Lepas Hijab, Lowongan Kerja Toko Roti Dikecam Warga Bondowoso Watermark Ketik
Tangkapan layar Flyer loker diduga salah satu toko roti yang viral di Bondowoso

KETIK, BONDOWOSO – Masyarakat Bondowoso dikejutkan dengan viralnya pamflet lowongan pekerjaan yang diduga dibuat salah satu toko roti di Bondowoso. 

Pasalnya, terdapat persyaratan pekerjaan yang dinilai tak etis, yaitu pelamar harus bersedia membuka hijab. 

Kekecewaan persyaratan itu dilontarkan Fani, warga Kecamatan Bondowoso. 

Ia mengetahui persyaratan itu dari status WhatsApp. Menurut wanita berkerudung ini, persyaratan itu seolah meminta pelamar untuk membuka hijab. 

Kondisi itu berbeda, jika sejak awal lowongan pekerjaan tersebut ditujukan kepada yang tidak berkerudung. 

Hal senada disampaikan Ronny yang menyebutkan bahwa persyaratan itu sangat kontradiktif dengan Kabupaten Bondowoso yang disebut sebagai kota seribu sholawat. 

"Hal ini seperti menawarkan untuk menukar akidah dengan suatu pekerjaan atau uang," katanya. 

Ia mengaku akan menyampaikan protesnya pada salah satu toko roti di Bondowoso itu. Sebagai tindakan awal, ia bahkan telah memberikan tanggapan langsung di WhatsApp pesanan toko roti tersebut.

"Saya merasa prihatin sebagai pelanggan. Mohon hal ini dapat menjadi perhatian dan koreksi bagi pihak manajemen," urainya menirukan pesan WhatsApp yang dirinya kirim.

Jurnalis ketik.co.id mencoba mengkonfirmasi beredarnya info lowongan kerja pada nomer yang disebut pertama kali memposting informasi tersebut.

Admin nomer tersebut tak menampik perihal beredarnya pamflet loker tersebut. Bahkan, pihak toko meminta maaf, dan mengaku telah men-take down flyer tersebut. 

"Mohon maaf kak, ada kesalahan penyampaian dari admin kami. Maksud kami untuk bagian floor line menggunakan seragam yang telah disediakan manajemen. Mohon maaf sekali lagi atas kekeliruan kami dan terima kasih atas kritik, saran dan konfirmasinya," katanya kepada Ketik.co.id.

 "Info lowker sudah kami take down dan revisi kak," terangnya.

"Ya kak, untuk bagian non floor line, seperti dapur, gudang dsb. Karyawati kami menggunakan hijab sesuai keyakinan masing-masing," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso viral #BondowosoHariIni