Ai Susanti, RU 4 Duta Pariwisata Jabar 2024 Sebut Sektor Wisata Perlu Dukungan Semua Pihak

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

12 Juli 2024 12:00 12 Jul 2024 12:00

Thumbnail Ai Susanti, RU 4 Duta Pariwisata Jabar 2024 Sebut Sektor Wisata Perlu Dukungan Semua Pihak Watermark Ketik
Ai Susanti, RU 4 Duta Pariwisata Jabar 2024 (Foto: dok. pribadi)

KETIK, BANDUNG BARAT – Ai Susanti (23) akrab dengan panggilan Ai, gadis cantik peraih selempang RU 4 Duta Pariwisata Jabar 2024 menyebut sektor wisata perlu dukungan semua pihak, dalam hal ini pemerintah, pengusaha, dan masyarakat luas.

Pemilik akun media sosial Instagram @aisusanti01 dan Tiktok @aisusanti01 mengatakan bahwa pariwisata sangat penting di Indonesia terutama di Jawa Barat. Sebagaimana yang diketahui jika melihat secara luas, pariwisata merupakan salah satu sektor yang mempunyai posisi signifikan dalam peningkatan devisa negara. 

"Bahkan pada tahun lalu, industri pariwisata Indonesia mampu menyumbang sekitar US$ 10 miliar devisa negara. Secara sederhana, pariwisata yang ada di Jabar bahkan Indonesia terbentang luas dan bisa kita lihat dengan kasat mata secara langsung, baik itu dari pemandangan gunung, pantai, lautan yang luas, tempat wisata buatan, pariwisata merah seperti cafe dan yang lainnya saat ini semakin hari terus bertambah dengan berbagai inovasi yang dimunculkan," kata Ai, hari Jumat (12/07/2024).

Mahasiswi Semester 2 Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka (UT) Bandung ini menyatakan bahwa desa-desa wisata mempunyai keunikan tersendiri dengan segala macam destinasinya yang melibatkan unsur 3A yaitu Attractive (menarik), Amenities (fasilitas), dan Accessibilities (Aksesibilitas).

 

Foto Ai Susanti, RU 4 Duta Pariwisata Jabar 2024 saat mengisi sebuah acara (Foto: dok. pribadi)Ai Susanti, RU 4 Duta Pariwisata Jabar 2024 saat mengisi sebuah acara (Foto: dok. pribadi)

 

"Pariwisata juga harus sama-sama dirawat dan dikembangkan secara pentaheliks bersama seluruh elemen masyarakat, pemerintah, para pelaku wisata dan semua orang yang terlibat serta penikmat wisata," ujar anak pertama yang memiliki hobi menulis, membaca, mengaji, dan berkegiatan sosial.

Contoh yang bisa dilakukan guna mendukung pariwisata ucap Ai, sebagai generasi muda harus punya kepedulian dan terjun langsung bukan hanya sekedar datang membuat konten lalu pergi tidak melihat di lingkungan sekitarnya.

"Harapannya semoga ke depan kita sebagai generasi muda, elemen masyarakat, pemerintah, dan semua yang terlibat bisa sama-sama punya kesadaran serta kepedulian terhadap tempat pariwisata yang ada di daerah masing-masing," katanya menambahkan dengan jelas dan lugas.

Menurutnya, ketika melihat destinasi desa wisata saat ini hanya dikelola oleh sebagain kecil orang yang sadar akan wisata. Tentunya harapan ke depan semua yang ada di tempat wisata bisa memiliki kepedulian dan mau mengelola serta mengembangkan potensi yang ada. 

"Sebagai contoh saat ini sudah ada yang berperan mengembangkan UMKM daerah yang bisa menjadi pendukung pariwisata dan menjalankan roda perekonomian masyarakat. Sehingga ke depan bisa meningkat menjadi ekonomi kreatif untuk mencapai kesejahteraan," imbuh Ai yang bekerja relawan sosial, konten kreator, MC/moderator, influencer, dan freelance.

Dirinya mengajak masyarakat khususnya generasi muda
untuk sama-sama memberikan aksi nyata dengan mendukung sektor pariwisata yang ada di lingkungan sekitar dan yang kerap dikunjungi dengan cara melestarikan, dan mempromosikannya untuk kemajuan bersama.

"Kita generasi muda saat ini akan lebih mudah mempromosikan, karena bisa menggunakan sosial media masing-masing untuk menginfluence banyak orang, khususnya terkait dengan edukasi wisata, pentingnya berwisata maupun menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat wisata," tutupnya.

Berikut deretan prestasi yang telah diraih oleh Ai, yaitu:
1. RU 4 Duta Pariwisata Jawa Barat 2024 
2. Best Advokasi Duta Pariwisata Jawa Barat 2024 
3. Duta Marketing UT Bandung Terbaik 2024 
4. Smiling West Java (SWJ) Ambassador 2023

Adapun pengalaman organisasinya, yaitu:
1. Pramuka 2017-2020
2. Paskibra 2017-2020
3. Sekretaris OSIS SMA Leppesa 2 Cililin 2017-2018
4. Sekretaris Umum Komunitas Muslimah Berbagi 2022
5. Kader Keluarga Mahasiswa Kabupaten Bandung Barat KEMBARA 2023-sekarang
6. Ketua Departemen 2 Kajian dan Pemberdayaan PD Pemudi PUI KBB 2024- sekarang
7. Anggota Bidang PSDO PD Pemuda PUI KBB 2024 - sekarang
8. Fatayat NU Cimahi 2023- sekarang 
9. Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Mukapayung 2023- sekarang

Tombol Google News

Tags:

Ai Susanti RU 4 Duta Pariwisata Jabar 2024 Cantik mahasiswi UT Bandung Sektor Wisata Dukungan Semua Pihak