Akibat PHK Ribuan Karyawannya, Fitur Google Assistant Terpaksa Dikurangi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

14 Januari 2024 01:15 14 Jan 2024 01:15

Thumbnail Akibat PHK Ribuan Karyawannya, Fitur Google Assistant Terpaksa Dikurangi Watermark Ketik
Ilustrasi Google Assistant. (Foto: Dok Google)

KETIK, JAKARTA – Google diketahui akan menghapus beberapa fitur dari Google Assistant. Hal ini dilakukan karena ada beberapa fitur yang tidak terlalu dibutuhkan pengguna. Tidak tanggung-tanggung terdapat 17 fitur yang akan dihilangkan dari Google Assistant.

Mengutip The Verge, Sabtu (13/1/2024), fitur yang dihilangkan tersebut yakni antara lain kemampuan untuk memakai suara pengguna untuk mengirimkan email, video, atau pesan suara. Google dikabarkan hadirkan peningkatan yang akan membuat fitur-fitur tersebut lebih mudah dipakai.

Penghapusan fitur akan dilakukan mulai 26 Januari 2024 mendatang, dan pengguna yang mengaktifkan salah satu dari 17 fitur yang dihapus akan mendapatkan pemberitahuan jika fitur tersebut akan dihilangkan. Penghapusan sepenuhnya akan dilakukan pada 27 Februari 2024.

Penghapusan fitur ini sendiri merupakan dampak dari keputusan Google untuk mem-PHK 1.000 karyawan di berbagai divisi. Divisi yang terkena dampak PHK massal termasuk tim dalam Google Assistant yang diaktifkan dengan suara sebagai bagian dari restrukturisasi tim produk pengetahuan dan informasi.

Fitur yang dihilangkan akan berdampak pada Assistant di perangkat mobile, smartwatch, serta perangkat speaker/display pintar. Untuk beberapa fitur, Google menawarkan alternatif untuk menggantikan fitur yang hilang. Tapi ada beberapa fitur yang dihilangkan sepenuhnya.

Selain itu juga Google mengubah fungsi microfon di aplikasi Google dan bilah Search. Kini pengguna yang mengetuk ikon itu hanya akan mendapatkan respons berupa hasil penelusuran di Search.

 

Berikut daftar lengkap dari fitur yang akan dihapus.

1. Mengontrol buku audio di Google Play Buku dengan suara tidak lagi tersedia. Anda masih dapat mentransmisikannya dari ponsel Anda.

2. Tidak ada lagi pengelolaan buku masak di Asisten Google, transfer resep, video instruksi, dan panduan langkah demi langkah sudah tidak ada lagi. Namun jangan takut, karena Anda masih dapat menggunakan Asisten Google untuk mencari resep secara online dan di YouTube.

3. Tidak bisa lagi menyetel alarm media, musik, atau radio di perangkat Asisten Google. Sebagai gantinya, Anda dapat membuat Rutinitas khusus atau menggunakan alarm standar.

4. Pengelolaan stopwatch di Smart Display dan Speaker sudah tidak ada lagi. Namun jangan khawatir, karena pengaturan timer dan alarm masih dapat dilakukan.

5. Panggilan suara ke perangkat atau siaran ke Grup Keluarga Google Anda tidak dapat dilakukan lagi. Namun, Anda tetap dapat menyiarkan ke perangkat di rumah Anda.

6. Mengirim email, pesan video, atau audio dengan suara Anda tidak lagi menjadi pilihan. Namun, Anda tetap dapat melakukan panggilan dan mengirim pesan teks.

7. Tidak perlu lagi meminta informasi kontak. Anda masih dapat melakukan panggilan ke mereka.

8. Tidak ada lagi Peluncur Aplikasi dalam mode mengemudi Asisten Google di Google Maps untuk pesan dan panggilan. Namun, Anda dapat menggunakan kontrol suara di Google Maps dengan cara yang sama.

9. Kontrol suara untuk aktivitas tidak akan tersedia untuk perangkat Fitbit Sense dan Versa 3. Sebaliknya, Anda harus menggunakan tombol pada perangkat Anda untuk mengontrol aktivitas. Pixel Watch tetap mendukung kontrol suara untuk beraktivitas.

10. Panggilan dari speaker dan Smart Display tidak akan menampilkan ID penelepon kecuali Anda menggunakan Duo.

11. Rencana perjalanan pribadi yang memeriksa suara sudah keluar. Namun, Anda tetap dapat menanyakan status penerbangan.

12. Tindakan suara seperti mengirim pembayaran, membuat reservasi, atau memposting di media sosial tidak lagi didukung. Namun, Anda masih dapat meminta Asisten untuk membuka aplikasi yang Anda instal.

Namun tidak semuanya merupakan pengurangan. Google juga menyempurnakan aplikasi Google, yang kini akan memicu respons penelusuran saat Anda mengetuk ikon mikrofon.(*)

Tags:

teknologi Google Google Assistant fitur phk karyawan
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1