Akumulasi Kartu Kuning, Rafael Struick Tak Akan Perkuat Timnas di Pertandingan Malam Nanti

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

29 April 2024 07:17 29 Apr 2024 07:17

Thumbnail Akumulasi Kartu Kuning, Rafael Struick Tak Akan Perkuat Timnas di Pertandingan Malam Nanti Watermark Ketik
Rafael Struick.(Foto: Instagram @rafaelstruick)

KETIK, JAKARTA – Jelang pertandingan melawan Timnas Uzbekistan U-23 tampaknya Timnas Indonesia U-23 tidak akan diperkuat oleh Rafael Struick pada laga yang akan berlangsung di Stadion Abdullah Bin Khalifah pada Senin, (29/4/2024) pukul 21.00 WIB nanti.

Striker ADO Den Haag tersebut terpaksa harus absen karena terkena akumulasi kartu kuning dalam dua pertandingan beruntun di Piala Asia U-23 2024.

Rafael Struick mendapatkan kartu kuning saat melawan Yordania. Kemudian, kartu kuning kembali didapat dalam laga kontra Korea Selatan.

Sesuai dengan regulasi AFC, pemain yang mendapatkan dua kartu kuning secara beruntun, maka harus absen pada pertandingan selanjutnya.

"Jika seorang menerima kartu kuning dalam dua (2) Pertandingan terpisah di kompetisi AFC sama, ia secara otomatis diskors dari Pertandingan berikutnya dalam kompetisi tersebut kecuali peraturan kompetisi menentukan lain" bunyi Pasal 12.4 dari Kode Disiplin dan Etik AFC.

Kemudian, dalam Pasal 54.1.3 dari Regulasi Kompetisi Piala Asia U23 2024, juga dijelaskan bahwa kartu kuning saat fase grup tidak diputihkan. Sehingga, Rafael Struick dihitung mendapatkan dua kartu kuning secara beruntun.

"Pemain atau Ofisial Partisipan yang menyelesaikan fase grup dengan hanya menerima satu (1) kartu kuning akan membawa kartu tersebut ke Perempat final," bunyi Pasal 54.1.3 Piala Asia U-23 2024.

Rafael Struick sendiri merupakan salah satu pemain timnas yang memberikan penampilan yang apik selama laga AFC 2024 yang berlangsung di Qatar. Dirinya bahkan berhasil menyumbangkan 2 gol saat pertandingan melawan tim kuat Asia, yakni Korea Selatan.

Walaupun tidak dapat tampil pada pertandingan semifinal, namun Rafael dapat kembali tampil saat laga final, jika Indonesia berhasil mengalahkan Uzbekistan pada laga malam nanti.(*)

Tombol Google News

Tags:

Olahraga sepakbola Rafael Struick Piala Asia U-23 PSSI Abdullah bin Khalifah Stadium