Amalan yang Dianjurkan untuk Perempuan Muslim saat Hari Jumat

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

8 Maret 2024 10:50 8 Mar 2024 10:50

Thumbnail Amalan yang Dianjurkan untuk Perempuan Muslim saat Hari Jumat Watermark Ketik
Potret Perempuan Muslim saat mengikuti majelis ilmu di dalam Masjid. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Hari Jumat merupakan hari yang mulia dan penuh berkah bagi umat Islam. Tak hanya untuk laki-laki, perempuan Muslim juga dianjurkan untuk melakukan amalan tertentu di hari tersebut.

Berikut beberapa amalan sunnah yang dapat dikerjakan oleh perempuan Muslim di hari Jumat:

Membaca Surah Al Kahfi

Membaca Surah Al Kahfi termasuk amalan yang dianjurkan di hari Jumat. Seperti dalam hadis riwayat Abu Sa’id Al-khudri RA.

"Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi di hari Jumat maka ia akan dinaungi cahaya diantara dua jumat," hadis riwayat Al Hakim dan Baihaqi.

Mandi Jumat

Mandi Jumat hukumnya sunnah, tidak hanya untuk laki-laki yang hendak melaksanakan shalat Jumat, tetapi juga perempuan yang ingin shalat dzuhur berjamaah di masjid.

Jika perempuan tersebut memilih salat Dzuhur di rumah, maka mandi Jumat tidak lagi disunnahkan.

“Barang siapa yang mendatangi shalat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi," dilugaskan dalam hadis riwayat Ibnu Hibban dari Ibnu Umar.

Memperbanyak Sholawat

“Perbanyaklah sholawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat. Barangsiapa yang berselawat kepadaku satu kali, maka Allah akan berselawat kepadanya 10 kali,” bunyi hadis riwayat Al-Imam al-Baihaqi dengan sanad yang baik.

Berdasarkan hadis di atas, memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dianjurkan setiap hari, namun pada hari Jumat pahalanya bakal dilipatgandakan. 

Melaksanakan Perbuatan Baik

Hari Jumat adalah hari yang baik untuk memperbanyak amal kebaikan. Pahala untuk setiap kebaikan yang dilakukan dilipatgandakan sepuluh kali lipat dibanding hari lainnya.

Perbuatan baik yang dilakukan misalnya. Bersedekah, membersihkan masjid, membantu orang lain, dan lainnya. Hal itu ditegaskan dalam hadis.

"Barangsiapa yang berbuat kebaikan pada hari Jumat maka akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat dari hari yang lain, dan barang siapa berbuat kejelekan maka juga demikian (dilipatgandakan dosanya sepuluh kali lipat). Dan disamakan hari, yaitu malam, sebab tidak ada perbedaan sama sekali," bunyi hadis dalam kitab Hasyiyah I’anah At-Thalibin bahwa Ibnu Zanjawaih dari Ibn al-Musayyab bin Rafi’, dijelaskan oleh Syekh Abu Bakr bin Syatha.

Memperbanyak Doa

Perempuan Muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa di hari Jumat, terutama pada waktu Ashar. Riwayat mengatakan bahwa banyak waktu mustajab untuk berdoa di hari Jumat, dan waktu Ashar termasuk salah satunya.

Dianjurkan untuk memperbanyak doa dan harapan baik di waktu tersebut.

"Dan sunnah memperbanyak berdoa pada hari Jumat karena berharap bertepatan dengan waktu ijabah." tulis Jalaludin Muhammad bin Ahmad Al-Mahalli, dalam kitab Syarah Minhaj at-Thalibin, juz 1, halaman: 334, Al-Hidayah.

Dengan melaksanakan amalan-amalan tersebut, semoga para muslimah dapat meraih keberkahan dan pahala yang berlipat ganda di hari Jumat. (*)

Tags:

muslim Religi pacitan