Angkat Tema Low Vision, RSSA Malang Hadirkan Pemeriksaan Mata Gratis di Jatim Fest

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

4 Oktober 2024 14:59 4 Okt 2024 14:59

Thumbnail Angkat Tema Low Vision, RSSA Malang Hadirkan Pemeriksaan Mata Gratis di Jatim Fest Watermark Ketik
Stan RSSA Malang di Jatim Fest 2024 (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Mengangkat tema Low Vision di Jatim Fest, Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang menghadirkan layanan pemeriksaan mata gratis bagi para pengunjung, Jumat, 4 Oktober 2024 di Grand City Surabaya.

Dokter umum PPDS spesialis mata RSSA Malang, dr. Venysya mengatakan, di sana para pengunjung bisa mendapatkan 4 macam pemeriksaan dengan menggunakan alat-alat canggih.

Seperti Non Contact Tonometry (NCT) yang digunakan untuk mengecek tekanan bola mata. 

"Normalnya tekanan bola mata itu 1 sampai 21. Lebih dari itu ada tanda-tanda glaukoma," ujar Veny sembari menunjukkan alat NCT pada Ketik.co.id.

Ada lagi Foto Funduscopy, alat yang membantu mengetahui segmen posterior mata. Seperti melihat kondisi apakah ada kelainan syaraf mata, pendarahan, komplikasi diabetes dan sebagainya.

"Kami juga ada alat namanya Sitlamp. Gunanya untuk mengecek bagian depan bola mata," lanjutnya. 

Tak ketinggalan, rumah sakit yang terletak di Kecamatan Klonjen Kota Malang ini menghadirkan Autorefraktokeratometer. Alat untuk mengukur kelainan refraksi mata secara objektif, seperti mata minus, plus dan silinder. 

"Kalau ini hasilnya masih kira-kira, jadi pengunjung harus mengecek kembali ke dokter mata," kata dr. Veny. 

Foto Devi Hidayatul saat mengecek kondisi matanya di stan RSSA Malang (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)Devi Hidayatul saat mengecek kondisi matanya di stan RSSA Malang (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

Lebih lanjut, dia mengungkapkan tema yang diambil kali ini berasal dari penyakit low vision, yakni penyakit mata yang sudah tidak bisa disembuhkan lewat lensa kontak, kacamata, obat maupun operasi.

Oleh karenanya, dengan adanya pemeriksaan gratis ini dia mengajak para pengunjung untuk mengetahui dan peduli terhadap kesehatan mata. 

"Ternyata banyak sekali peminat pemeriksaan mata. Hari pertama sekitar 220 kunjungan, kemarin 270. Paling banyak periksa mata minus," bebernya.

Salah satu pengunjung, Devi Hidayatul Khasanah merasa senang dengan pemeriksaan mata gratis ini. 

Devi mengaku sebelumnya belum pernah memeriksakan mata. Setelah berkunjung ke stan RSSA, mahasiswa Unesa ini akhirnya mengetahui kondisi matanya yang ternyata minus. 

"Sebelumnya belum pernah ngecek sih. Tapi sejauh ini katanya normal, cuma mata kanan minus 1,50, mata kiri 0,50 saja sih," katanya.

Bagi kalian yang ingin datang ke Jatim Fest, jangan lupa datang ke stan RSSA Malang di Exhibition Hall Grand City Surabaya mulai tanggal 2-6 Oktober 2024 pukul 10.00-21.00 WIB.(*)

Tombol Google News

Tags:

RSSA Malang Pemeriksaan mata gratis Jatim Fest 2024 Grand City Surabaya