Apel Danramil dan Babinsa Ditutup Dandim Sleman dengan Jam Komandan

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: Cutbang Ampon

9 Juni 2024 18:40 9 Jun 2024 18:40

Thumbnail Apel Danramil dan Babinsa Ditutup Dandim Sleman dengan Jam Komandan Watermark Ketik
Menjelang makan pagi bersama. (Foto: Pendim Sleman)

KETIK, YOGYAKARTA – Kodim 0732/Sleman mengadakan acara Apel Danramil dan Babinsa Kodim 0732/Sleman Tahun 2024. Kegiatan tersebut belangsung selama dua hari, yaitu dari hari Sabtu 8 Juni 2024 hingga Minggu, 9 Juni 2024.

Apel Danramil dan Babinsa yang dilakukan bukan dalam rangka pengamanan pada momentum tertentu atau lain-lainnya, melainkan untuk mengingatkan kembali dan memelihara kemampuan prajurit, sekaligus sebagai sarana refresing bagi 17 Danramil dan 34 Babinsa yang ada di jajaran Kodim 0732/Sleman.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memelihara kemampuan prajurit dan mendukung pelaksanaan tugas Komando Kewilayahan Kodim 0732/Sleman.

Dalam kegiatan ini, para peserta akan diajak berlatih kembali dengan sejumlah materi layaknya baru mengikuti pendidikan awal saat mereka masuk menjadi prajurit TNI dahulu. Menariknya kegiatan yang dilakukan Kodim 0732/Sleman ini baru pertama kalinya digelar di Indonesia.

Menurut Pasi Ops Kodim 0732/Sleman Kapten Arm Abdul Farid, pada kegiatan hari kedua tersebut setelah bangun pagi dan melaksanakan salat Subuh berjamaah, para Danramil dan juga Babinsa melaksanakan pembersihan diri. Setelah itu dilanjutkan memasak untuk makan pagi bersama. Kegiatan kemudian dilanjutkan senam pagi dan jalan pagi.

Menyusul berikutnya adalah evaluasi tugas pokok, kinerja dan kegiatan selama tahun 2024 oleh Para Pasi Kodim 0732/Sleman, Kasdim 0732/Sleman dan Jam Komandan oleh Dandim 0732/Sleman diakhiri dengan penyerahan Sembako secara simbolis kepada seluruh peserta dan pendukung. Serta dilanjutkan pembongkaran tenda dan korve massal.

Jam Komandan, menandai berakhirnya rangkaian kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Kodim 0732/Sleman Tahun 2024 yang dilaksanakan di Rumah Matahari Tunggularum Girikerto Turi Sleman.

Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Arm Danny Arianto Pardamean Girsang, SSos, M. Han, Minggu (9/6/2024) memberikan Jam Komandan secara bertatap muka pada Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0732/Sleman.

Perlu diketahui Jam Komandan merupakan salah satu bentuk pembinaan personel untuk menyampaikan perintah, informasi dan meneruskan apa saja kebijakan dari komando atas yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari.

Jam Komandan menjadi media interaksi antara Komandan dengan prajuritnya. Sehingga para prajurit dapat bertatap muka, berkomunikasi secara langsung dengan pimpinannya.

Pada sesi ini, Dandim 0732/Sleman Letkol Arm Danny Arianto Pardamean Girsang, SSos, MHan mengajak seluruh anggota untuk selalu bersyukur kepada Tuhan YME atas segala nikmat dan karunia kepada kita semua. Sehingga bisa melaksanakan kegiatan Apel dalam keadaan sehat tak kurang suatu apapun.

Dandim Sleman mengajak seluruh anggota yang ada untuk selalu menjalankan tugas pokok dan perintah dengan penuh rasa tanggung jawab dan ikhlas sehingga tugas tersebut tidak menjadi beban bagi anggota.

"Terimakasih atas loyalitas, dedikasi dan penyelenggaraan acara ini. Sampaikan salam hormat saya kepada keluarga dirumah mari sama-sama. Mari kita jaga nama baik Satuan Kodim 0732/Sleman yang kita cintai," pesan Letkol Arm Danny Arianto.

Tak lupa orang nomer satu di Kodim 0732/Sleman juga mengingatkan para anggota untuk selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki. Karena mereka bukan lagi pada usia mencari jati diri. Karenanya jangan ada anggota yang melakukan pelanggaran dan mengarah ke hal-hal yang negatif.

Ia juga mengingatkan bahwa masyarakat melihat dan menilai setiap langkah dan gerak pengabdian mereka. Untuk itu ia meminta bagi para anggota yang ikut dalam kegiatan tersebut supaya selalu tampil  dengan performa yang maksimal, dari rambut sampai ujung kaki. Serta memiliki karakter yang baik karena posisi Danramil dan Babinsa merupakan ujung tombak TNI AD. (*)

Tags:

Hankam Apel Danramil dan Babinsa Pertama kali di Indonesia Kodim 0732/Sleman Dandim Sleman Jam Kumandan Penutupan Turi Sleman