Armada Bis Patas Surabaya-Malang Segera Hadir di Aplikasi Trans Jatim

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

6 Mei 2024 09:30 6 Mei 2024 09:30

Thumbnail Armada Bis Patas Surabaya-Malang Segera Hadir di Aplikasi Trans Jatim Watermark Ketik
Ilustrasi bis yang ada di Terminal Arjosari Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Bis patas jurusan Surabaya-Malang sebentar lagi akan terdaftar pada aplikasi Trans Jatim. Rencana tersebut digagas oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur untuk mewujudkan moda transporrtasi yang nyaman bagi masyarakat. 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Nyono menjelaskan realisasi program tersebut dengan menggandeng beberapa Perusahaan Otobus (PO). Pembayaran pun dapat lebih mudah dilakukan dengan e-money. 

Moda transportasi publik tersebut tetap diakses pada Terminal Purabaya (Bungurasih) serta Terminal Arjosari, Kota Malang. 

"Tahun ini akan meluncurkan program, diawali dari Patas. Nanti orang akan menggunakan e-money atau pembayaran konvensional tapi ditappingkan kondektur atau pramugara dari bus Patas. Via Bungurasih-Arjosari itu nanti mudah mudahan pakai aplikasi (Trans Jatim)," ungkap Nyono, Senin (6/5/2024). 

Menurutnya dengan penerapan pembayaran nontunai dapat mencegah adanya tarif liar oleh oknum tak bertanggungjawab. Terlebih jika penumpang diminta tarif yang lebih mahal dapat berdampak pada keengganan dalam menggunakan transportasi publik. 

"Tidak menariknya penggunaan angkutan umum itu karena sering ngetem. Maka ketepatan waktu itu juga akan kami tingkatkan. Nantinya Surabaya-Malang ada slot layanan AKDP, jurusan Surabaya-Malang," lanjutnya. 

Program tersebut juga telah digagas dan dilakukan uji coba pada tahun sebelumnya. Sayangnya akibat hal-hal teknis diserahkan sepenuhnya kepada PO bus menjadi salah satu alasan gagalnya program itu. 

Ia berharap program tersebut dapat terealisasi pada tahun 2024. Sehingga pemerintah dapat memenuhi hak masyarakat dalam mendapatkan fasilitas dan layanan angkutan umum yang nyaman dan aman. 

"Selama ini belum ada bus AKDP yang menggunakan aplikasi. Ini kami mulai menggunakan aplikasi, dan pakai e-money terutama Surabaya-Malang, point' to point' patas. Tahun lalu sudah kami gagas, tapi gagal karena kami serahkan PO. Sekarang tidak, Dishub yang pegang. Mereka kami kasih retribusi," katanya. 

Hingga saat ini terdapat sekitar lima PO bus yang siap bekerja sama dengan Dishub Provinsi Jatim. Apabila proyek tersebut berhasil, akan diterapkan ke seluruh trayek AKDP di Jawa Timur.  (*)

Tombol Google News

Tags:

PO Bus Aplikasi Trans Jakarta Bus Patas Bus Surabaya-Malang Terminal Arjosari Kota Malang