Asyiknya Keliling Kota Lama Surabaya dengan Jeep dan Becak di Akhir Pekan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

8 Juli 2024 14:15 8 Jul 2024 14:15

Thumbnail Asyiknya Keliling Kota Lama Surabaya dengan Jeep dan Becak di Akhir Pekan Watermark Ketik
Fasilitas tour jeep yang ada di Kawasan Kota Lama Surabaya (7/7/2024). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu dengan mengunjungi objek wisata Kawasan Kota Lama Surabaya, mungkin perlu mencoba salah satu fasilitas yang disediakan di wisata sejarah tersebut

Salah satu fasilitas yang patut dicoba adalah mengelilingi kota lama dengan menggunakan jeep. Pemerintah Kota (Pemkot) menyediakan fasilitas ini dengan menggandeng komunitas Jeep Willys yang ada di Surabaya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Hidayat Syah mengatakan rute yang dilalui oleh jeep tersebut melewati beberapa jalan yang ada di kawasan Zona Eropa. Fasilitas ini hanya tersedia pada akhir pekan saja yakni Sabtu dan Minggu.

"Mulai dari Taman Sejarah nanti muter untuk area zona eropa. Kita ajak pengunjung berkeliling untuk menikmati suasana wisata Kota Lama ini," jelas Hidayat.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba bisa menuju jalan Rajawali karena kendaraan jeep akan stand by disana mulai dari sore hingga malam hari. Dalam sekali berangkat, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp45 ribu untuk durasi 45 menit berkeliling.

Foto Deretan becak wisata yang mnejadi salah satu fasilitas di Kota Lama Surabaya. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Deretan becak wisata yang menjadi salah satu fasilitas di Kota Lama Surabaya. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Untuk rute, Jeep ini akan melewati Gedung Internatio, Gedung Cerutu, Gedung Telkom. Selanjutnya jeep akan melintas di ke gedung Pabrik Sirup Siropen, lalu ‘Rustic Wall’ Jl. Mliwis, Museum Polrestabes Surabaya, Pos Bloc Surabaya, Gereja Kepanjen, dan terakhir Gedung PTPN.

"Selama tour Jeep ini, kami juga sudah menyediakan sejumlah spot untuk foto pengunjung. Selain itu juga ada spot untuk UMKM Surabaya," tambahnya.

Selain jeep tour, para pengunjung kota lama juga dapat mencoba fasilitas becak wisata. Becak wisata ini memiliki penampilan yang berbeda dengan becak lain yang ada di sekitar Kota Lama. Pemkot surabaya menggandeng para tukang becak untuk dipekerjakan sebagai pengayuh becak wisata.

“Yang menggerakkan dan meramaikan Kota Lama Surabaya adalah komunitas. Kita bedakan gayanya, becaknya, dan baju juga berbeda,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

wisata sejarah Kawasan Kota Lama Surabaya wisatawan Jeep becak wisata