Atasi Batuk dengan Herbal, Nomor 4 Tidak Asing Lagi

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

25 Mei 2023 21:13 25 Mei 2023 21:13

Thumbnail Atasi Batuk dengan Herbal, Nomor 4 Tidak Asing Lagi Watermark Ketik
Cengkih bisa meredakan batuk bedahak. (Foto: Inaexport)

KETIK, JAKARTA – Batuk tidak hanya mengganggu aktivitas. Tetapi lingkungan di sekitar merasa tidak nyaman. Padahal Anda sudah berganti obat, namun batuk masih belum sembuh.

Ada baiknya menjajal sejumlah tanaman herbal yang bisa membantu meredakan batuk. Apalagi bahannya mudah didapat dengan harga yang relatif murah.

1.Kencur

Memiliki nama latin kaempferia galanga, kencur memiliki senyawa yang cukup lengkap. Salah satunya Etip p-metoksisinamat sebagai komponen utama dari kencur. Manfaat kencur cukup lengkap, yakni bisa untuk meredakan stres, mengatasi hipertensi, rematik, sakit kepala, karies gigi, dan batuk.

Untuk meredakan batuk, bisa mengambil kencur sebesar ibu jari. Kemudian kupas kulitnya, cuci bersih, dipotong-potong lalu dimasukkan ke dalam cangkir. Seduh dengan air panas. Alangkah baiknya diseduh tidak dengan gula.

2.Cengkih

Inilah salah satu tanaman asli Indonesia yang dikembangkan di beberapa negara Afrika. Faktanya cengkih memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Nutrisi dalam cengkih meliputii gula, kalsium, zat besi, lemak, karbohidrat, dan serat.

Salah satu manfaat cengkih adalah membantu meredakan batuk berdahak. Kandungan eugenol dalam cengkeh memiliki sifat ekspektoran.

Anda bisa memasukkan tiga-empat cengkih ke dalam cangkir yang diseduh dengan air panas. Boleh ditambahkan dengan kencur sebesar ibu jari.

3.Kunyit

Foto Kunyit cukup efektif meredakan batuk kering alami. (Foto: iStock via everydayhealth)Kunyit cukup efektif meredakan batuk kering alami. (Foto: iStock via everydayhealth)

Herbal lainnya yang bisa meredakan batuk adalah kunyit. Utamanya adalah batuk yang terus menerus, dan cenderung kering alami. Sebab di dalam kunyit, terdapat curcumin yang memiliki sifat antiradang untuk melawan partikel penyebab infeksi di saluran pernapasan.

Nenek moyang kita kerap menjadikan kunyit sebagai obat batuk. Caranya sederhana. Kunyit digeprek kemudian dicampurkan dengan sedikit garam, yang dituang dengan air mendidih. Di era modern, Anda bisa mencampurkan dengan madu, kencur atau cengkih.

4 Jahe

Tidak asing lagi jika jahe bisa meredakan batuk. jahe memiliki kandungan gingerol dan shaogaol yang bekerja sebagai antiinflamasi. Keduan kandungan ini bisa meredakan peradangan. Jahe juga memiliki antivirus yang bisa meningkatkan imun.

Rasanya yang panas bisa melonggarkan otot-otot di sekitar tenggorokan. Bila ingin mendapatkan sensasi berbeda, Anda bisa mencampurkan jahe dengan madu, teh, dan cengkih yang diseduh dengan air panas.

Hal yang perlu Anda perhatikan, herbal di atas bukanlah satu-satunya obat. Anda dianjurkan memeriksan ke dokter apabila batuk masih berlanjut. (*)

Tombol Google News

Tags:

batuk cengkih kunyit kencur Jahe herbal