Atasi Warna Kulit Belang dengan 3 Cara Ini, Mudah Kok

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

29 Oktober 2023 03:05 29 Okt 2023 03:05

Thumbnail Atasi Warna Kulit Belang dengan 3 Cara Ini, Mudah Kok Watermark Ketik
Ilustrasi kulit belang.(Foto: Halodoc)

KETIK, JAKARTA – Kulit yang cantik merupakan idaman setiap orang, namun memang diperlukan ketelatenan dalam merawat kukit agar tampak sehat dan berkilau. Salah satu masalah kulit yang sering dirisaukan banyak orang adalah kulit belang. 

Sebagai orang yang hidup di daerah tropis, kulit belang merupakan hal yang tidak asing. Hal ini lantaran Indonesia merupakan negara tropis yang mendapatkan banyak sinar matahari.

Cahaya matahari mengandung sinar UV A dan UV B di mana sinar ini yang membuat tampilan kulit kita menjadi belang. Kulit belang adalah kondisi dimana warna kulit antara area yang lain dan satunya berbeda. Biasanya area yang lebih gelap adalah area yang sering terpapar sinar matahari.

Namun tidak hanya cahaya matahari, melansir stylecraze.com, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kulit belang, di antaranya adalah:

• Paparan sinar matahari.

• Hiperpigmentasi pasca inflamasi.

• Perubahan hormon.

• Penuaan.

Namun, tidak perlu khawatir karena kulit belang dapat diatasi dengan beberapa cara agar mengembalikan warna kulit seperti semula. Merangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan warna kulit yang belang.

1. Rutin menggunakan sunscreen 

Bagi orang yang tinggal didaerah tropis, sunscreen sangat penting digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pancaran sinar UVA dan UVB yang dihasilkan oleh matahari sangat berbahaya karena dapat menembus kulit dan menyebabkan kerusakan bahkan kanker kulit.

Radikal bebas sendiri adalah molekul yang sangat tidak stabil dalam tubuh yang dapat berekasi dengan sel sehat dan menyebabkan kerusakan sel seperti penuaan, pigmentasi, dan kanker. 

2. Eksfoliasi 

Melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati dapat membantu membersihkan mengembalikan warna warna kulit, sehingga dapat menyamarkan kulit yang belang. Melakukan eksfoliasi dapat dengan menggunakan natural eksfoliator ataupun chemical eksfoliator untuk mengikis lapisan kulit paling atas lebih cepat.

3. Ubah gaya hidup

Selain memberikan perawatan pada kulit, mengubah gaya hidup juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi kondisi hiperpegmentasi atau kulit belang. Seperti minum air putih sebanyak 6 hingga 10 gelas setiap harinya, serta meningkatkan kualitas tidur yakni setidaknya 7 hingga 8 jam setiap hari, maka masalah kulit belang dan bahkan stres pun dapat diselesaikan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kecantikan kulit belang UVA UVB eksfoliasi gaya hidup Sunscreen