Awas! Konsumsi Susu Kental Manis pada Anak Dapat Picu Anemia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

24 Februari 2024 00:10 24 Feb 2024 00:10

Thumbnail Awas! Konsumsi Susu Kental Manis pada Anak Dapat Picu Anemia Watermark Ketik
Ilustrasi Susu Kental Manis. (Foto: Istock)

KETIK, JAKARTA – Profesor dan dosen prodi kesehatan masyarakat Universitas Muhammadyah Jakarta, Prof.dr. Tria Astika Endah Permatasari S.KM., M.K.M. menjelaskan kebiasaan mengkonsumsi kental manis sejak usia dini ternyata dapat memicu anak dan remaja terkena anemia.

Hingga saat ini, anemia menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering diabaikan. Hal ini erat kaitannya dengan pola konsumsi masyarakat, yang mengutamakan pemilihan makanan karena kebiasaan dan rasa yang enak. Salah satu yang masih menjadi perhatian saat ini adalah penggunaan kental manis sebagai minuman susu untuk anak.

“Di kawasan padat penduduk, dan juga di desa-desa, susu biasanya jadi kebutuhan pokok yang diperoleh dengan membeli harian, dan pada umumnya susu yang tersedia di warung dan dalam bentuk sachet adalah kental manis," jelasnya.

"Jadi sebagian alasan kenapa kental manis masih diberikan untuk minuman susu anak karena memang itulah yang tersedia di sekitar mereka, atau karena harganya yang ekonomis,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, kental manis adalah jenis susu dengan kandungan gula yang tinggi yang peruntukannya adalah sebagai topping atau penambah cita rasa dalam makanan. 

Kadar gula yang tinggi dalam kental manis tidak memberikan manfaat gizi yang signifikan. Sebaliknya, konsumsi gula yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan gula darah, menyebabkan penambahan berat badan yang tidak sehat, meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

"Selain itu, anak-anak yang mengonsumsi kental manis secara rutin juga berpotensi kekurangan vitamin dan mineral esensial yang diperlukan tubuh," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Anemia anak Susu Kental Manis diabetes kandungan gula
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1