Ayatollah Khamenei Perintahkan Iran Serang Israel, Balas Kematian Pemimpin Hamas

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

1 Agustus 2024 05:13 1 Agt 2024 05:13

Thumbnail Ayatollah Khamenei Perintahkan Iran Serang Israel, Balas Kematian Pemimpin Hamas Watermark Ketik
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. (Foto: X @fr_Khamenei)

KETIK, JAKARTA – Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali  Khamenei mengeluarkan perintah untuk melancarkan serangan langsung ke Israel sebagai balasan atas serangan ke Teheran yang menewaskan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran, Rabu (31/7/2024).

Mengutip New York Times (NYT), informasi dari tiga pejabat Iran yang mengetahui perintah tersebut mengatakan, arahan diberikan selama pertemuan darurat untuk Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran.

"Para pejabat tersebut meminta untuk tidak disebutkan namanya karena mereka tidak memiliki kewenangan untuk berbicara di depan umum," tulis NYT.

"Laporan itu tidak menyebutkan bagaimana atau kapan serangan akan dilakukan," tambahnya lagi.

Sebelumnya, Khamenei juga telah mengeluarkan pernyataan keras menanggapi serangan rudal ke Teheran yang diduga kuat dilakukan Israel itu.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip media Iran, IRNA, Khamenei mengatakan bahwa Negeri Zionis telah menggali kuburannya sendiri karena membunuh Haniyeh di wilayah teritori Iran.

Haniyeh terpilih sebagai kepala biro politik Hamas pada tahun 2017 untuk menggantikan Khaled Meshaal. Dianggap pragmatis, Haniyeh tinggal di pengasingan dan membagi waktunya antara Turki dan Qatar. (*)

Tombol Google News

Tags:

Iran Ayatollah Ali Khamenei Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Iran serang Israel serangan Teheran