Baik untuk Jantung, Ini 5 Manfaat Buah Sukun 

Editor: Shinta Miranda

10 Desember 2022 01:33 10 Des 2022 01:33

Thumbnail Baik untuk Jantung, Ini 5 Manfaat Buah Sukun  Watermark Ketik
Buah sukun. (Foto: Pinterest) 

KETIK, SURABAYA – Di Indonesia, buah sukun sering dijadikan camilan lezat seperti gorengan, keripik, hingga kolak. Namun, ternyata ada banyak sekali manfaat buah sukun bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia.  

Buah dengan nama Latin Artocarpus altilis adalah buah khas tropis yang secara fisik hampir menyerupai buah nangka.  

Bedanya, buah sukun tidak lancip berduri dan cenderung pipih. Buah sukun juga memiliki daging buah berwarna putih yang empuk dan manis. 

Manfaat buah sukun 

Selain kaya akan vitamin, manfaat buah sukun juga baik untuk pertumbuhan karena kandungannya yang kaya akan riboflavin, niacin, thiamin, dan fosfor. 

Buah sukun juga mengandung mineral seperti kalium, tembaga, besi, magnesium, kalsium, seng, mangan, selenium dan fosfor. Sukun juga rendah lemak jenuh, kolesterol dan natrium sehingga aman bagi tubuh. 

1. Meningkatkan kesehatan jantung 

Manfaat buah sukun salah satunya adalah mendukung kesehatan jantung. Khasiat sukun yakni kaya akan potasium dan kalium. Kalium membantu kelancaran aliran darah melalui arteri. 

Mineral ini bisa mengatur kontraksi otot di jantung sehingga dapat mengontrol detak jantung dan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, asam lemak omega-3 pada manfaat buah sukun juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. 

2. Mencegah dan mengontrol diabetes 

Sukun adalah makanan ideal bagi penderita diabetes. Sebab, buah sukun memiliki serat makanan dan protein yang berlimpah. Keduanya adalah pilihan yang padat protein dan rendah glikemik.  

Sebuah penelitian menunjukkan, tepung sukun membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Serat melewati saluran pencernaan secara perlahan.  

Akibatnya, makanan membutuhkan waktu untuk dicerna. Dengan demikian, kadar glukosa darah tidak melonjak setelah makan. Itu sebabnya, salah satu manfaat buah sukun sangat baik untuk penderia deabetes.  

Foto Artocarpus altilis atau buah sukun. (Foto: Pinterest)Artocarpus altilis atau buah sukun. (Foto: Pinterest)

3. Membantu pencernaan 

Untuk menjaga kesehatan pencernaan. Sukun adalah salah satu makanan yang kaya akan kandungan serat. Serat adalah senyawa penting yang membantu mengikat sifat racun di usus dan juga membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. 

Karena serat menjadi kandungan utama dalam makanan ini membuatnya sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan usus karena meningkatkan pergerakan makanan melalui sistem pencernaan sehingga mengatur pergerakan usus. 

Sukun mengandung jumlah serat aktif yang baik yang mengeluarkan racun dari usus dan membantu berfungsinya usus dan mangkuk serta mencegah penyakit lain yang berhubungan dengan pencernaan seperti gastritis, maag, dan lain-lain. 

4. Melawan radikal bebas 

Buah sukun mengandung jumlah yang cukup dari antioksidan alami yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Sukun merupakan sumber alami flavonoid yang terkandung dalam jumlah sedang dan vitamin C. 

Rasa ini berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh yang melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas. Vitamin C, di sisi lain, adalah asam askorbat yang juga berkontribusi untuk melawan operasi organisme ini yang menyebabkan kerusakan pada sel tubuh. 

5. Cocok untuk menurunkan berat badan 

Sukun dapat membantu menurunkan berat badan  meskipun memiliki jumlah karbohidrat dan kalori yang tinggi dan adanya serat makanan di dalamnya akan membantu menghentikan keinginan untuk makan. 

Foto Buah sukun. (Foto: Pinterest)Buah sukun. (Foto: Pinterest)

Jika mungkin menambahkan sukun sebagai menu makanan sehari-hari, kandungan seratnya akan membantu memoderasi penyerapan glukosa dari karbohidrat agar tidak diserap secara berlebihan yang menyebabkan penambahan berat badan. (*)

Tags:

Sukun manfaat jantung diabetes