Baksos TNI, Kodim 0818 Gelar Operasi Katarak Gratis di RSUD Karsa Husada Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

9 September 2024 23:59 9 Sep 2024 23:59

Thumbnail Baksos TNI, Kodim 0818 Gelar Operasi Katarak Gratis di RSUD Karsa Husada Kota Batu Watermark Ketik
Kodim 0818/Malang-Batu menyelenggarakan kegiatan Bhakti Sosial TNI Operasi Katarak gratis di RSUD Karsa Husada, Kota Batu, Senin, 9 September 2024.(Foto: Kodim 0818/Malang-Batu)

KETIK, MALANG – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Kodim 0818/Malang-Batu menyelenggarakan kegiatan Bhakti Sosial TNI Operasi Katarak gratis di RSUD Karsa Husada, Kota Batu, Senin, 9 September 2024.

Baksos kerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Malang Raya dan Yayasan ISHK Tolaram itu dikhususkan bagi masyarakat tidak mampu yang membutuhkan perawatan mata, terutama operasi katarak. 

Komandan Kodim 0818/Malang-Batu, Letkol Inf Yuda Sancoyo menyampaikan baksos tersebut berlangsung selama dua hari dengan partisipasi dari 109 pasien. Mereka Adalah warga Kabupaten Malang dan Kota Batu yang telah terdaftar dan sudah lolos screening.

"Mereka mendapatkan pemeriksaan mata secara gratis dan bagi yang memerlukan tindakan operasi katarak, langsung mendapatkan perawatan medis dari tim dokter spesialis yang tergabung dalam Perdami Malang Raya," ujarnya.

Baksos tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan penglihatan yang lebih baik, sehingga kualitas hidup mereka dapat meningkat.

“Operasi katarak gratis ini adalah wujud kepedulian TNI dan mitra kerja kami dalam membantu masyarakat yang membutuhkan," tambah Dandim.

Sementara itu Dr. Sahul Hamid selaku Ketua Yayasan ISHK Tolaram mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang berikan. Menurutnya, yayasan mempunyai fungsi untuk membantu mengurangi angka kebutaan Masyarakat.

"dimana penyakit katarak ini, merupakan penyebab utama kebutaan. Kami berharap untuk kolaborasi ini tidak hanya hari ini saja, kami berharap terus menjalin kolaborasi sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat," jelasnya.

Dikatakannya, Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan mata, tetapi juga sebagai bagian dari upaya memperkuat hubungan antara TNI dan masyarakat. 

"Bhakti sosial ini menjadi momentum penting untuk menunjukkan bahwa peran TNI tidak hanya dalam pertahanan dan keamanan, tetapi juga dalam kesejahteraan rakyat," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kodim 0818/Malang-Batu Baksos Operasi Katarak Kodim 0818 Kabupaten Malang-Batu Kota Batu Kabupaten Malang Baksos TNI