Bank Jatim Luncurkan KKPD untuk Tingkatkan Transaksi Pemerintahan Berbasis Digital

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

28 Desember 2023 05:40 28 Des 2023 05:40

Thumbnail Bank Jatim Luncurkan KKPD untuk Tingkatkan Transaksi Pemerintahan Berbasis Digital Watermark Ketik
Prosesi peluncuran kartu KKPD. (Foto: Dok. Bank Jatim)

KETIK, TUBAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban bersama dengan Bank Jatim dan BNI meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di Pendopo Kridho Manunggal Kabupaten Tuban.

Acara launching tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban Budi Wiyana dan Direktur Keuangan, Treasury dan Global Services Bank Jatim Edi Masrianto pada Selasa (19/12/2023) malam.

Peluncuran KKPD bertujuan untuk meningkatkan penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) sekaligus upaya untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah dari cara tunai menjadi nontunai berbasis digital. 

Di samping itu, dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya dalam sistem pajak daerah di Kabupaten Tuban.

Penerapan KKPD ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan perputaran uang pemerintah daerah sehingga diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Peluncuran KKPD sekaligus dalam rangka memenuhi kebutuhan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atas alat pembayaran berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

KKPD hasil kolaborasi antara Bank Jatim dengan BNI di Kabupaten Tuban dapat memberikan banyak keuntungan. Antara lain mengurangi idle cash dari penggunaan uang persediaan satuan kerja, meningkatkan keamanan, mengurangi potensi fraud, dan meminimalisir penggunaan uang tunai.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban Budi Wiyana menambahkan, bahwa KKPD adalah salah satu instrumen untuk kendali dalam pengelolaan keuangan daerah, dengan konsep transaksi nontunai menggunakan kartu kredit. 

”KKPD menjadi salah satu kendali dalam pengelolaan anggaran keuangan daerah agar lebih transparan dan akuntabel,” tambahnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bank Jatim Kartu KKPD BNI Transaksi Digital Pengawasan Keuangan Pemkab Tuban