Bantu Penuhi Rasio Kebutuhan Rumah Sakit Rujukan, Pj Bupati Bondowoso Apresiasi Hadirnya RSCM

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Mustopa

17 Maret 2024 14:24 17 Mar 2024 14:24

Thumbnail Bantu Penuhi Rasio Kebutuhan Rumah Sakit Rujukan, Pj Bupati Bondowoso Apresiasi Hadirnya RSCM Watermark Ketik
Pj. Bupati Bambang Soekwanto didampingi Owner RSCM saat melakukan pengguntingan pita, tanda peresmian rumah sakit (Ari Pangistu for ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto melaunching Rumah Sakit Cahya Medika (RSCM) di Desa Bataan, Kecamatan Tenggarang, Minggu (17/3//2024).

Menurutnya, kehadiran rumah sakit swasta ini merupakan wujud komitmen dalam meningkatkan aksesbilitas dan mutu pelayanan bagi masyarakat. 

Karena itulah, Bambang sangat mengapreasi hadirnya RSCM sebagai salah satu rumah sakit swasta di Bondowoso. Terlebih, investasi di bidang kesehatan tidak murah. 

“Saya sebagai Pj Bupati merasa sangat bangga dan bersyukur,” katanya.

Ke depan, ia mendorong agar rumah sakit swasta di Desa Bataan ini bisa segera bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Karena Pemkab telah menyediakan anggaran untuk UHC. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso, Slamet Santoso, menyebut hadirnya RSCM ini turut membantu melengkapi kebutuhan rasio rumah sakit rujukan. Mengingat sebagaimana permintaan dari BPJS Kesehatan yang menyebut Bondowoso masih membutuhkan 2-3 rumah sakit rujukan. 

Karena itulah, RSCM ini juga dinilainya punya potensi besar untuk menggelar MoU dengan BPJS Kesehatan. 

Berkaitan dengan perizinan rumah sakit, kata Selamet, RSCM ini telah memenuhi minimal persyaratan pelayanan. Salah satunya yakni kecukupan tenaga spesialisnya, mulai dari spesial anak, spesialis kandungan, dan spesialis bedah.

“Sudah ada di rumah sakit ini,” tuturnya. 

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Citra Medika (RSCM), Dr Amanda Cahya Yanuartika M kes, menyampaikan, keberadaan rumah sakit yang baru diresmikan dan megah ini, menjadi fasilitas kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat di Bondowoso.

Tak hanya, untuk memenuhi faskes di Bondowoso, hadirnya RSCM juga untuk membuka lapangan pekerjaan dan menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar. 

Disinggung tentang fasilitas, pihaknya menyediakan IGD 24 jam, klinik spesialis penyakit dalam, spesialis anak, spesialis THT, spesialis kandungan, saraf, bedah, fasilitas rawat inap kelas 1, 2, 3, VIP dan VVIP, ruang bersalin serta ruang bayi.

"Kami terus berbenah untuk melengkapi semua fasilitas kesehatan, tenaga medis, dokter, dan berusaha memberikan pelayanan kesehatan terbaik dan terlengkap bagi masyarakat di Kabupaten Bondowoso," ungkapnya.

RSCM juga terus berbenah dan akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Karena saat ini RSCM tengah berproses untuk menjadi rumah sakit terlengkap di Bondowoso.(*)

Tags:

Bondowoso RSCM Pj Bupati Bondowoso Bambang soekwanto