Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini 5 Sayur Kesukaan Nabi Muhammad SAW 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Rudi

24 April 2023 22:00 24 Apr 2023 22:00

Thumbnail Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini 5 Sayur Kesukaan Nabi Muhammad SAW  Watermark Ketik
Ilustrasi sayuran. (Foto: Appartement Therapy)

KETIK, JAKARTA – Nabi Muhammad SAW, panutan hidup bagi umat Islam ini dikenal menerapkan pola makan flexitarian. Ini artinya, makanan yang dikonsumsi beliau sebagian besar berasal dari tumbuhan. Dalam kata lain, Rasulullah banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.  

Tercatat dalam hadis yang diriwayatkan oleh para sahabat, Nabi Muhammad SAW sering merekomendasikan sayuran kepada pengikutnya. Semua yang disarankannya terbukti kaya akan manfaat dan aman untuk dikonsumsi sehari-hari.  

Ini 5 adalah sayuran yang disukai Rasulullah. 

1. Labu 

Sayuran berikutnya yang menjadi favorit Nabi Muhammad SAW adalah labu. Disebutkan beberapa kali oleh sahabat bahwa Rasulullah selalu memilih labu saat dihadapkan oleh sejumlah hidangan. Ia bahkan lebih menyukainya ketimbang daging yang saat itu merupakan makanan mewah.  

Bukan hanya Nabi Muhammad SAW, labu juga menjadi satu-satunya sayuran yang dimakan Nabi Yunus saat ia berada di dalam perut ikan paus. Hanya dengan memakan labu, beliau bisa bertahan hidup dan selamat.  

Sayuran ini memang kaya akan khasiat. Ia mengandung antioksidan, tinggi akan vitamin A, C, E, dan B, serta beta-karoten. Berikut ini sejumlah manfaat mengonsumsi labu untuk kesehatan: 

• Mampu menstabilkan tekanan darah; 

• Mengurangi risiko kanker; 

• Mencegah diabetes; 

• Cocok sebagai makanan diet; 

• Memperkuat imun tubuh. 

Sayang sekali, tidak ada kejelasan mengenai jenis labu seperti apa yang dikonsumsi Nabi Muhammad SAW. Namun, menurut jurnal dari Science Alert tahun 2009, salah satunya adalah gourd atau kundur. 

2. Bawang Putih 

Bawang putih merupakan bahan masakan yang esensial. Pada zaman Nabi Muhammad SAW, bawang putih biasa dikonsumsi dengan cara digoreng atau mentah. Bukan hanya itu, umbi-umbian ini juga menyimpan segudang manfaat. Berikut ini diantaranya yang telah terbukti secara ilmiah: 

• Dapat memperkuat sistem imun tubuh dan mencegah flu

• Menurunkan tekanan darah serta kolesterol jahat, sehingga dapat mencegah penyakit jantung

• Mencegah penyakit alzheimer dan demensia; 

• Menurunkan risiko kanker, seperti kanker otak, paru-paru, prostat, dan lain sebagainya

• Merupakan antibiotik yang kuat.  

Tetapi, menurut hadis, Rasulullah melarang orang yang baru saja makan bawang putih untuk datang ke masjid. Tujuannya untuk mencegah baunya menyebar ke seluruh ruangan.  

3. Buah Bit 

Beetroot atau bit merupakan sayuran umbi yang berasal dari Mediterania. Menurut beberapa hadis, Nabi Muhammad SAW menyukai sayuran berwarna merah tua ini dan sempat memakannya dengan barley atau jelai.  

Dilansir Healthline, beetroot memang kaya akan nutrisi, mulai dari serat, folat, mangan, kalium, zat besi, hingga vitamin C. Ia memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

• Menurunkan tekanan darah sehingga bisa mencegah penyakit jantung dan stroke

• Meningkatkan stamina tubuh

• Membantu melawan inflamasi

• Meningkatkan kesehatan otak dan organ pencernaan

• Membantu menurunkan berat badan. 

4. Zuccini 

Zucchini adalah salah satu jenis sayuran yang disukai Nabi Muhammad SAW. Hal ini pernah disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari. 

Dalam hadits tersebut disebutkan, Nabi Muhammad SAW lebih memilih mengonsumsi zuccini daripada daging. Zuccini merupakan sayuran yang kaya antioksidan. Bentuknya mirip timun Jepang dengan kulit hijau tua dan teksturnya renyah berair. 

Mengonsumsi zuccini bisa mengurangi kadar gula darah yang berlebih. Selain itu, juga ada kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata, jantung dan kelenjar tiroid. 

5. Jamur Truffle 

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Said bin Zaid, Nabi Muhammad SAW menyebut,  jamur truffle adalah sayuran yang menyehatkan. Menurut Rasulullah SAW, itu baik untuk kesehatan mata. 

Manfaat jamur truffle itu juga telah dibuktikan dalam sebuah penelitian dalam Jurnal Trends in Medical Research tahun 2016. Disebutkan bahwa jamur ini dapat menyembuhkan trakom atau infeksi pada mata akibat bakteri. (*)

Tombol Google News

Tags:

Sayur kesukaan Nabi Muhammad SAW Rasulullah labu bawang putih buah bit zuccini jamur truffle