Beberapa Fakta Terkait Niacinamide Untuk Perawatan Kulit Berjerawat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

14 Januari 2024 08:21 14 Jan 2024 08:21

Thumbnail Beberapa Fakta Terkait Niacinamide Untuk Perawatan Kulit Berjerawat Watermark Ketik
Niacinamide menjadi kandungan yang banyak digunakan untuk perawatan kulit berjerawat. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat ini banyak beredar di pasaran beragam produk kecantikan yang mengandung niacinamide. Niaciamide dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat yang membuat penampilan menjadi kurang menarik. 

Bahan kandungan niacinamide dipercaya membantu mengurangi peradangan dan produksi minyak pada kulit, sehingga dapat membantu mengurangi jerawat. Oleh sebab itu niacinamide banyak terkandung di berbagai produk perawatan untuk kulit berjerawat.

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, kami ulas beragam fakta terkait kandungan niacinamide dan manfaatnya terhadap kulit.

1. Apa itu niacinamide 

Niacinamide adalah salah satu bentuk dari vitamin B3, yang juga dikenal sebagai nikotinamida. Niacinamide dapat membantu beragam permasalahan kulit seperti mengurangi peradangan, memperbaiki tekstur kulit, dan mencegah penuaan kulit karena membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan

 

2. Apakah bisa menghilangkan jerawat

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika kamu pasti sering menemukan produk perawatan kulit berjerawat yang mengandung niacinamide. Niacinamide bisa membantu mengurangi peradangan dan produksi minyak pada kulit. Yang mana salah satu penyebab munculnya jerawat sendiri adalah karena produksi minyak berlebih.

Selain itu niacinamide juga memiliki sifat anti mikroba dapat membantu mencegah munculnya jerawat di kemudian hari, memastikan kulit lebih halus dalam jangka panjang. Namun, tidak secara langsung membunuh bakteri penyebab jerawat.

Niacinamide juga membantu meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit, serta mampu menyamarkan bekas jerawat.

 

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan 

Dalam proses perawatan kulit tidak ada produk yang bisa menghilangkan jerawat dalam semalam. Begitu pula dengan niacinamide. Sebagai produk kecantikan niacinamide membutuhkan waktu untuk bekerja dan menghilangkan jerawat. 

Hal ini tentu dipengaruhi oleh banyak faktor seperti tingkat keparahan jerawat, jenis kulit, dan konsentrasi niacinamide dalam produk yang digunakan. Niacinamide sendiri hanya mempercepat proses perbaikan kulit dari jerawat.

Beberapa orang mungkin akan mulai melihat hasil dalam beberapa minggu, namun beberapa lainnya bisa saja baru terlihat perubahan dalam hitungan bulan.(*)

Tags:

Kecantikan serum Perawatan Kulit Jerawat kulit berminyak niacinamide vitamin B3