Berdayakan Warga Binaan, Lapas Cianjur Gelar Pelatihan Aquarium Akrilik dan Budidaya Perikanan

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

3 Februari 2024 18:40 3 Feb 2024 18:40

Thumbnail Berdayakan Warga Binaan, Lapas Cianjur Gelar Pelatihan Aquarium Akrilik dan Budidaya Perikanan Watermark Ketik
Warga binaan Lapas Cianjur diberikan pelatihan Aquarium Akrilik dan budidaya perikanan (Foto: Lapas Cianjur)

KETIK, CIANJUR – Lapas Cianjur melaksanakan kegiatan pelatihan keterampilan pembuatan Aquarium Akrlikik dan budidaya perikanan berupa Ikan Hias untuk warga binaan di Aula Yassona H. Laoly, Lantai 2, Lapas Kelas IIB Cianjur, pada hari Jumat (02/02/2024).

Kegiatan pelatihan yang dihadiri secara langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIB Cianjur, Tomi Elyus. Turut hadir juga pimpinan LPK Prima Cianjur, Cep Yudi Hamdani beserta pejabat struktural, pelaksana dan warga binaan pemasyarakatan Lapas Cianjur. 

Kepala Lapas Kelas IIB Cianjur, Tomi Elyus dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan pelatihan pembuatan Akuarium Akrilik merupakan salah satu pelatihan yang tepat dengan mengikuti kemajuan zaman dan budidaya Ikan Hias ini menjadi perpaduan yang menarik. 

"Pada dasarnya pelatihan mengacu pada dua kriteria, satu sudah menjadi hobi dan satu lagi adalah mereka warga binaan yang berkeinginan dan bekerja keras untuk belajar," kata Tomi kepada media online nasional Ketik.co.id.

Dirinya menyatakan, maka dari itu ia meminta warga binaan untuk bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik, dan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya, karena ini adalah kesempatan untuk belajar dan mengasah keterampilan di Lapas Cianjur.

Menurutnya, kegiatan pelatihan kemandirian ini merupakan salah satu program Lapas Kelas IIB Cianjur pada Tahun 2024 untuk memberikan pembinaan kemandirian melalui pengembangan keterampilan atau softskill.

"Hal ini tentu dilakulan agar pada saat warga binaan siap kembali bermasyarakat dapat bermanfaat dan memiliki keahlian dalam bekerja," pesannya di hadapan hadirin dengan nada semangat dan optimis.

Sementara itu, Kepala LPK Prima Cianjur, Cep Yudi Hamdani menyampaikan, bahwa pelatihan ini akan menghasilkan output berupa keahlian kompetensi maupun sertifikat yang dapat digunakan setelah selesai melaksanakan Pembinaan di Lapas Cianjur. 

"Tentu harapan kami secara khusus adalah dengan adanya keahlian dan sertifikat ini dapat menunjang warga binaan yang telah keluar untuk bekerja,” tukasnya menutup pernyataan.  (*) 

Tags:

Warga Binaan Lapas Cianjur Aquarium Akrilik Budidaya Perikanan