Berguna Membersihkan Gigi, Inilah Fakta Mengenai Dental Flossing

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

4 Agustus 2023 21:00 4 Agt 2023 21:00

Thumbnail Berguna Membersihkan Gigi, Inilah Fakta Mengenai Dental Flossing Watermark Ketik
Kegiatan Flossing gigi.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Menjaga penampilan tidak hanya sebatas memiliki kulit yang cantik, badan yang bersih dan pakaian yang rapi. Untuk penampilan yang maksimal gigi yang bersih juga menjadi penunjang agar orang lain memiliki kesan yang baik pada diri kita. Dengan gigi yang bersih tentu kita akan terhindar dari bau mulut, selain itu gigi yang bersih akan membuat senyum kita lebih menarik.

Membersihkan area mulut dapat dilakukan dengan beberapa cara yang umum seperti menggosok gigi menggunakan pasta gigi, berkumur dengan mouthwash, dan melakukan flossing dengan dental floss atau benang gigi.

Padahal menggunakan dental floss memiliki banyak manfaat seperti halnya dapat membersihkan gigi kita secara menyeluruh bahkan sampai sela gigi terdalam. Nah untuk mengetahui lebih jelas tentang dental floss, yuk simak berikut 5 fakta dental floss dan cara menggunakannya! 

1.Membersihkan Gigi Secara Maksimal

Dalam rangkaian perawatan gigi dental floss merupakan bagian penting yang seringkali terlupakan. Padahal dengan sikat gigi saja belum mampu membersihkan gigi secara menyeluruh. Oleh sebab itu penggunaan dental flossing dapat membersihkan gigi secara maksimal. 

2. Menyegarkan Nafas

Sisa-sisa kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi dapat membuat nafas menjadi tidak sedap. Selain itu juga dapat menimbulkan plak yang menyebabkan kerusakan gigi. Sisa makanan yang masih tersisa di gigi dapat dibersihkan secara maksimal dengan dental flossing, sehingga membuat nafas segar

3. Memiliki Beberapa Varian

Dental floss memiliki beberapa jenis dan bentuk yang berbeda sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Standard floss merupakan jenis paling umum yang terbuat dari bahan nilon tipis. untuk mmebersihkan sela gigi yang lebar kamu dapat menggunakan dental tape dengan jenis benang yang lebih pipih dan lebar seperti pita. 

Bagi yang menggunakan kawat gigi, super flosses adalah jenis yang cocok karena memiliki ujung yang lebih kaku. Sedangkan bagi kamu yang malas ribet, Floss stick bisa menjadi pilihan karena sudah terikat pada stik khusus sehingga tidak perlu dililitkan ditangan.

4. Penggunaan Cukup Sekali Sehari

Untuk menjaga kesebersihan gigi penggunaan dental floss cukup satu kali sehari, bisa dilakukan pada pagi maulum malam. Dengan menggunakan benar gigi satu kali dalam sehari, kamu bisa menjangkau  hingga 40% lebih banyak permukaan gigi dari sikat gigi biasa. 

5. Cara Penggunaan

Agar tidak melukai gigi dan gusi penggunaan dental floss harus dilakukan dengan benar. Bagi kamu yang belum tau cara penggunaan yang benar, berikut ini kami jelaskan tahanan penggunaannya 

  • Pastikan benang dental floss sesuai dengan jenis yang dibutuhkan, lalu ambil benang sepanjang 45 cm dan lilitkan ujung benang pada kedua tangan.
  • Masukkan benang ke sela-sela gigi dan tempelkan pada salah satu sisi permukaan gigi. Gesekan benang secara perlahan sambil digerakkan naik turun untuk mengeluarkan kotoran dari sela gigi.
  • Saat melakukan flossing pastikan setiap gigi dibersihkan menggunakan sisi benang yang berbeda.
  • Setelah semua gigi bersih jangan lupa berkumur untuk membersihkan sisa kotoran dan lanjutkan dengan menyikap gigi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kesehatan Gigi mulut dental flossing Penampilan