Berguna Menambah Berat Badan, Inilah Kandungan Utama Susu Penggemuk

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

25 Maret 2024 02:45 25 Mar 2024 02:45

Thumbnail Berguna Menambah Berat Badan, Inilah Kandungan Utama Susu Penggemuk Watermark Ketik
Ilustrasi meminum susu. (Foto: Freepik)

KETIK, JAKARTA Underweight atau kekurangan berat badan menjadi masalah yang serius terutama bagi penderita asam lambung dan gerd. Penyebab penderita asam lambung atau gerd memiliki berat badan di bawah normal karena mereka cenderung malas makan. 

Hal ini dikarenakan mereka mudah sekali merasa mual, sehingga apapun yang mereka konsumsi akan dimuntahkan. Untuk mengatasi hal tersebut susu penggemukkerapkali menjadi pilihan utama karena kandungan gizinya yang kaya.

susu penggemuk adalah ‘susu yang diperkaya’ yang memberikan kalori ekstra untuk meningkatkan berat badan seseorang. Diperkaya berarti produk tersebut memiliki nutrisi ekstra.

Berikut ini adalah kandungan utama yang terdapat pada susu penggemuk yang berguna meningkatkan berat badan.

1. Kalori

Kalori merupakan nutrisi yang penting untuk meningkatkan berat badan. Bila pada susu biasa umumnya mengandung sekitar 80-140 kalori per gelas, kalori pada susu penambah berat badan bisa mencapai 600 atau lebih. Namun, asupan kalori ini juga harus sesuai dengan target berat badan yang ingin kamu capai, usia, dan jenis kelamin.

2. Karbohidrat dan lemak 

Mungkin kita sudah tau jika ingin meningkatkan berat badan maka harus memperbanyak konsumsi karbohidrat dan lemak. Kandungan ini juga terdapat pada susu penggemuk dengan kandungan sekitar 80-100 gram karbohidrat dan 10-17 gram lemak 

3. Protein

Protein merupakan nutrisi penting yang berguna untuk membentuk sel tubuh. Oleh sebab itu protein berperan penting dalam proses penambahan berat badan. Susu penggemuk memiliki jumlah kandungan protein yang lebih banyak ketimbang susu biasa, yaitu sekitar 50-63 gram.

4. Vitamin dan mineral

Kandungan vitamin dan mineral pada susu penggemuk sudah pasti lebih banyak dari susu biasa. Hal ini diperlukan untuk menambah berat badan dengan sehat. Produk ini biasanya juga memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut bermanfaat untuk mendukung tulang yang sehat dan kuat.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan penderita asal lambung Gerd underweight Susu penggemuk menaikkan berat badan nutrisi karbohidrat lemak