Berkontribusi dalam Rekayasa Lalu Lintas, Pemkot Malang Apresiasi Kinerja Pramuka

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Arief

12 Juni 2023 06:24 12 Jun 2023 06:24

Thumbnail Berkontribusi dalam Rekayasa Lalu Lintas, Pemkot Malang Apresiasi Kinerja Pramuka Watermark Ketik
Penghargaan yang diterima oleh anggota Pramuka Kwarcab Kota Malang oleh Pemkot Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pemerintah Kota Malang mengapresiasi kinerja 100 anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Malang, Senin (12/6/2023). Para anggota Pramuka Kwarcab Kota Malang itu dinilai berkontribusi dalam membantu menyeberangkan jalan warga setempat selama rekayasa lalu lintas di kawasan Kayutangan Heritage.

Kontribusi lain yang ditunjukkan anggota Pramuka ini telah melaksanakan Operasi Ketupat Semeru 2023 bersama Polresta Malang Kota.

"Pramuka membantu Pemkot Malang sejak Ramadhan. Termasuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023, serta menyikapi pergerakan Covid-19. Terakhir berpartisiasi melakukan rekayasa lalu lintas. Itu kan perlu pendampingan kepada penyeberang jalan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso usai Apel di Balai Kota Malang.

Foto Para anggota Pramuka berfoto bersama dengan jajaran Pemkot Malang (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)Para anggota Pramuka berfoto bersama dengan jajaran Pemkot Malang (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

Erik berharap apresiasi tersebut menjadi pembelajaran bagi anggota Pramuka Kwarcab Kota Malang untuk terus berkembang. Terlebih Pramuka dianggap sebagai organisasi yang dekat dengan masyarakat.

"Teman-teman Pramuka kan generasi muda, remaja yang sedang berkembang. Ada banyak pengalaman yang bisa digali untuk mematangkan diri, memahami fenomena kemasyarakatan dan semakin menumbuhkan rasa tanggung jawab," Erik menambahkan.

Sementara itu, Camat Klojen, Heri Sunarko mengungkapkan para anggota Pramuka telah dikerahkan membantu mengatur rekayasa lalu lintas Kayutangan Heritage selama empat bulan. Bahkan banyak masyarakat mengapresiasi kinerja anggota Pramuka Kwarcab Kota Malang.

"Mulai bulan Februari sampai Mei, selama empat bulan setiap akhir pekan mereka ada di Kayutangan Heritage. Mulai pukul 07.00 sampai 21.00 WIB, yang terbagi dalam beberapa shift," jelas Heri.

Pria yang juga sebagai Ketua Pramuka Kwarcab Kota Malang itu menambahkan, terdapat lebih dari 100 anggota yang dikerahkan.

"Mereka terbagi dalam dua tim. Pertama di rekayasa lalu lintas untuk pengamanan penyeberangan di Kayutangan. Setengahnya lagi ada di pengamanan pos pelayanan dan pos pengamanan. Anggota ini bekerja sama dengan Polresta Malang Kota berkaitan dengan Operasi Ketupat Semeru 2023," tambahnya.

Tak hanya memperoleh respons positif dari masyarakat, anggota Pramuka juga diapresiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Salah satu support dari masyarakat ditunjukkan dengan memberikan makanan dan minuman kepada anggota yang bertugas.

"Ketika adik-adik bertugas saat puasa, itu luar biasa. Kemarin diapresiasi Kemenparekraf, Pak Sandiaga Uno. Saat bertugas, warga banyak memberi support. Paling banyak dalam bentuk makan dan minum untuk berbuka puasa," Heri memungkasi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pramuka Kwarcab Kota Malang penghargaan pramuka sekda kota malang Camat Klojen Kayutangan Heritage