Beroperasi Sebelum Idul Fitri, Peresmian Bandara Dhoho Tinggal Tunggu Jadwal Presiden Jokowi

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Mustopa

19 Maret 2024 10:52 19 Mar 2024 10:52

Thumbnail Beroperasi Sebelum Idul Fitri, Peresmian Bandara Dhoho Tinggal Tunggu Jadwal Presiden Jokowi Watermark Ketik
PJ Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono saat berkunjung ke Kediri, Senin (18/3/2024). (foto : ist).

KETIK, KEDIRI – Kabar beroperasinya Bandara Dhoho Kediri semakin santer setelah beberapa kali mengalami penundaan. Terbaru, bandara yang dibangun oleh perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk Kediri ini hanya tinggal menunggu jadwal dari Presiden Joko Widodo.

Hal ini diungkapkan oleh Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono usai bertandang ke Kediri, Senin (18/3/2024). Adhy mengatakan, Pemprov Jatim telah mengirimkan surat permintaan kepada Presiden Jokowi melalui Sekretariat Negara untuk meresmikan Bandara Dhoho Kediri. 

"Kami sudah menyampaikan ke Setneg untuk Pak Presiden bisa menjadwalkan peresmian Bandara Dhoho Kediri," kata Adhy usai meninjau Pasar Murah Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Kediri, Senin (18/3/2024).

Adhy berharap Presiden Jokowi bisa meresmikan Bandara Internasional yang terletak di lereng Gunung Wilis Kediri ini sebelum Hari Raya Idul Fitri tahun 2024. Sehingga diharapkan kepadatan arus mudik lebaran melalui Bandara Juanda Surabaya bisa terurai. 

"Kami sangat berharap operasional ini menjelang Lebaran supaya bisa memecah penumpang yang turun ke Juanda," jelas Adhy.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kediri telah dua kali meminta Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk bisa menjembatani dengan pemerintah pusat terkait peresmian bandara yang sejatinya telah rampung akhir tahun lalu. 

Adhy pun langsung menyampaikan ke pemerintah pusat dan berharap Bandara Dhoho Kediri ini bisa beroperasi sebelum Hari Raya Idul Fitri agar bisa memecah kepadatan di Bandara Juanda. Saat ini Adhy memastikan segala sesuatunya tentang bandara ini telah siap.

"Kami berharap kebanggaan warga Kediri ini bisa terealisasi. Dan pesawat sudah uji coba tinggal persiapan launchingnya," tutupnya. (*)

Tags:

bandara Dhoho Kediri bandara Kediri beroperasi Mudik Lebaran Gubernur Jawa Timur Kediri hari ini kediri