Bingung Pilih Aplikasi Editing Video? Berikut 10 Software Pilihan untuk Pemula dan Profesional

Jurnalis: Suyono
Editor: M. Rifat

12 Agustus 2024 01:02 12 Agt 2024 01:02

Thumbnail Bingung Pilih Aplikasi Editing Video? Berikut 10 Software Pilihan untuk Pemula dan Profesional Watermark Ketik
Suyono, video editor ketik media saat sedang melakukan editing video event (Foto:Suyono/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Banyak yang sering kebingungan aplikasi apa yang akan digunakan saat ingin melakukan editing video. Terutama bagi conten creator yang ingin naik kelas. Yakni menjadi editor video semi atau profesional.

Keperluannya tentu macam-macam. Ada yang untuk keperluan pribadi seperti konten media sosial. Ada juga yang untuk kepentingan pekerjaan atau proyek. Biasanya, mereka mencari yang cocok untuk laptop dan PC masing-masing. Dan tak kalah penting, gratis tapi aman saat diunduh.

Berikut 10 aplikasi yang bisa diunduh dan dicoba sebagai rekomendasi aplikasi gratis dan berbayar serta langsung bisa digunakan.

1. Filmora

Termasuk salah satu aplikasi yang mudah digunakan dan hemat biaya untuk pc, Filmora Video Editor bisa menjadi salah satunya. Aplikasi ini telah meningkatkan kinerja keseluruhan secara signifikan, membuat kecepatan pemrosesan video lebih cepat dan membawa pengalaman pengeditan pengguna ke tingkat yang lebih tinggi.

Filmora menawarkan lebih dari 15 juta aset termasuk templet, filter, lut, teks, audio, stiker dan banyak lagi dan dengan mudah menarik. Tinggal melepas untuk menambahkan, atau menggunakan 1 klik untuk menerapkan.

2. Windows Video maker Microsoft

Jika Anda pengguna Windows 10 atau 11, Anda mungkin mengenal Clipchamp untuk mengedit video. Namun, sebagian pengguna masih menggunakan sistem Windows 7 dan Windows 8, oleh karena itu ada juga solusi membuat video di Windows secara gratis, baca terus.

#1 Clipchamp untuk Windows 10/11

Clipchamp menjadi salah satu bagian dari Microsoft pada tahun 2021, yang berarti Anda bisa mendapatkan aplikasi pengeditan video gratis bawaan di Windows 10 dan Windows 11. Clipchamp menawarkan program dan pembuat video berbasis web, memungkinkan setiap pengguna Windows untuk mengekspor video dalam 1080p tanpa watermarks atau tanda air terpasang.

Editor video resmi Windows ini menawarkan lusinan templat dan sumber daya gratis untuk pembuatan video. Paket dasar dapat memenuhi kebutuhan pengeditan dasar, dan Anda dapat menggunakan templat dan berbagai alat pengeditan AI untuk menyempurnakan video Anda.

Format masukan       : MP4, MOV, WEBM, AVI, DIVX, FLV, 3GP, WMV, VOB, DCM, dan MKV.

Format keluaran       : MPEG-4.

Kelebihan                    : Ekspor video tanpa tanda air dengan kualitas di bawah 1080p.

Kekurangan                : Perlu ditingkatkan untuk menjelajahi lebih banyak fitur pengeditan AI.

#2 Windows Movie Maker

Windows Movie Maker pernah menjadi aplikasi pengeditan video gratis paling populer untuk Windows, dan pengguna dapat membuat film rumahan hanya dengan drag-and-drop. Ini berisi efek video, transisi, penambahan judul/kredit, trek audio, narasi garis waktu, dan fitur film otomatis.

Setelah mengedit video, dapat membagikan video langsung ke platform media sosial, termasuk Facebook, YouTube, dan X. Jika tidak mengetahui persyaratan dalam sistem komputer, dapat langsung mencobanya karena sudah diinstal di komputer Windows 7 atau 8.

Windows Movie Maker dibuat untuk Windows 7 tetapi juga dapat digunakan pada Windows 8, bagi yang belum mengupgrade ke versi baru masih dapat menggunakan editor film ini.

Format masukan       : ASF, AVI, M1V, MP2, MPE, MPEG, MPG, MPV2, WM dan WMV.

Format keluaran       : MP4, WMV, AVI, MOV, F4V, MKV, TS, 3GP, MPEG-2, WEBM, dan MP3.

Kelebihan                    : Gratis, memenuhi kebutuhan pengeditan dasar Anda.

Kontra                           : Layanan Windows Movie Maker dihentikan pada versi Windows terbaru; Tidak ada dukungan untuk format file modern.

3. OpenShot

OpenShot menawarkan fitur pengeditan video dasar seperti pemangkasan dan pemotongan. Ini juga menyediakan banyak transisi dan efek audio untuk membantu membuat video sederhana.

Editor video gratis untuk PC ini dapat menawarkan trek video tanpa batas di timeline. Serta dapat menambahkan banyak video dan klip audio. Ini juga mencakup templet ubin dan efek video, jadi jika ingin lebih banyak sentuhan pada video, program video gratis ini juga dapat membantu.

Untuk pengeditan audio, dapat menggunakan bentuk gelombang untuk memvisualisasikan audio. Editor video gratis ini diperbarui secara berkala, sehingga  selalu dapat menggunakan teknologi pengeditan video terkini. Namun perlu memperbaiki sendiri bug atau masalah karena ini adalah editor sumber terbuka, dan efek videonya juga terbatas. Ini mencakup lebih dari 70 bahasa.

Format masukan       : QuickTime, AVI, WMV, MPEG, dll.

Format keluaran       : MPEG, AVI, MP4, MOV, dll.

Kelebihan                    : Menawarkan lapisan trek tanpa batas di timeline. Mendukung untuk mengimpor video yang diedit dari Adobe Premier, Final Cut Pro, dll.

Kekurangan                : Kecepatan pemrosesannya tidak cukup cepat dibandingkan aplikasi pengeditan lainnya.

4. VSDC Video Editor

VSDC Video Editor dirancang untuk memberikan pengalaman pengeditan yang lancar kepada pengguna sehingga pemula pun dapat menikmati proyek media kreatif. Ini memiliki banyak fitur, dan memulainya secara gratis. Ada berbagai macam filter, overlay, efek transisi, dan kemampuan koreksi warna. Berkat dukungan format luas yang membantu menangani semua file media populer dengan mudah.

Dapat juga menggunakan aplikasi pengonversi video bawaan untuk mengonversi format video/audio secara bebas ke format lain. Ini adalah aplikasi non-linier, yang berarti dapat dengan bebas menempatkan klip video di timeline dan juga dapat mengekspor video Anda ke IG, FB, dan YouTube, yang berfungsi sebagai editor video gratis untuk PC serta mengedit video 4K dan HD. Untuk hal ini, tidak semua editor video gratis dapat melakukannya.

Format masukan       : AVI, QuickTime (MP4/M4V, 3GP/2G2, MOV, QT), HDVideo/AVCHD (MTS, M2TS, TS, MOD, TOD), WindowsMedia (WMV, ASF, DVR-MS), DVD/VOB, VCD/SVCD, MPEG/MPG/DAT, Matroska Video (MKV), Video Media Nyata (RM, RMVB), Video Flash (SWF, FLV), DV, AMV, MTV, NUT, H.264/MPEG-4, DivX , XviD, MJPEG, WebM, Vp8, Vp9, BRAW (Blackmagic RAW).

Format keluaran       : AVI, DVD, VCD/SVCD, MPEG, MP4, M4V, MOV, 3GP/3G2, WMV, MKV, RM/RMVB, FLV, SWF, AMV, MTV, WebM, Vp8, Vp9.

Kelebihan                     : Antarmuka intuitif, ramah untuk pemula.

Kekurangan                : Dukungan teknis tidak gratis.

Foto Proses video editing salah satu program event di ketik.co.id (foto: Suyono)Proses video editing salah satu program event di ketik.co.id (Foto: Suyono/Ketik.co.id)

5. Adobe Proffesional Pro

Sudah diketahui semua orang bahwa Adobe Premiere Pro adalah salah satu aplikasi pengeditan video terbaik di pasaran, terutama untuk penggunaan profesional. Ini memiliki fungsi pengeditan paling kuat untuk menyesuaikan setiap detail video dan audio.

Sebagai pionir dalam pengeditan video, Premiere Pro memberi pengguna lebih banyak ruang untuk menyesuaikan klip sesuai kebutuhan. Kemampuan gradasi warna dan pengelolaan warnanya luar biasa. Selain itu, mereka sedang mengejar fitur AI generatif baru di versi mendatang.

Format masukan       : 3GP, 3G2 (.3gp), AAC, AIFF, AIF, Apple ProRes, ProRes HDR, ProRes RAW, ASF, ASND, AVC, AVI, BWF, CHPROJ, CRM, DNxHD, DNxHD, DV, GIF, HEIF, M1V, M2T, M2TS, M2V, M4A, M4V, MOV, MP3, MP4, MPEG, MPE, MPG, MTS, MXF, MJPEG Asli, OpenEXR, R3D, Rush, VOB, WAV, dan WMV. Format keluaran   : AAF, BMP, DPX, EDL, JPEG, OMF, PNG, ProRes, TGA, TIFF, dan XML.

Kelebihan                    : Menyediakan fungsi dan alat pengeditan video yang kuat namun profesional.

Kekurangan                : Ambang batas penggunaan yang tinggi.

6. Movavi

Jika mencari aplikasi editor video yang hemat biaya namun praktis untuk PC, Movavi adalah salah satu pilihan.. Kecepatan renderingnya yang cepat meninggalkan kesan yang baik bagi pengguna, dan menyediakan fungsi pengeditan dasar hingga menengah yang dapat memenuhi sebagian besar pengguna.

Movavi memiliki fungsi gambar-dalam-gambar, kunci kroma, dan pelacakan gerak. Namun, ini membatasi pekerjaan ekspor akhir yang diberi tanda air atau watermarks.

Format masukan       : MP4, AVI, MKV, FLV, MOV, MPEG, WMV, 3GP, 3G2, WebM, OGV, M4V, MXF, ASF, TTS, dan UT Video Codec.

Format keluaran       : MP4, AVI, MKV, FLV, MOV, MPEG, WMV, M4V, MXF, ASF, dan TTS.

Kelebihan                    : Hemat biaya dan mudah digunakan.

Kekurangan                : Kurangnya alat dan fungsi pengeditan lanjutan untuk pembuat video tingkat tinggi.

7. VideoPad Video Editor

VideoPad adalah software atau perangkat lunak lintas platform untuk pemula, yang secara sempurna disesuaikan dengan kebutuhan editor video yang belum berpengalaman. Versi gratis VideoPad membatasi opsi ekspor video hanya pada dua format file.

Pemula dapat menikmati pengeditan yang mudah dengan garis waktu jenis seret dan lepas, dan banyak fitur transisi, efek, dan penyesuaian kecepatan membuat penyesuaian lebih mudah. Jika suka menggunakan transisi dan memiliki berbagai klip video, VideoPad menyertakan lebih dari 50 efek transisi. Setelah menerapkan transisi, bisa langsung menyesuaikan kecepatan video untuk membuat efek video gerak lambat atau kecepatan cepat. Dapat juga merekam narasi untuk audio agar video lebih detail, yang merupakan bonus bagi pecinta game.

Format masukan       : AVI, MPEG, WMV, DIVX, XVID, MP4, MOV, VOB, OGM, RM, dan lain-lain.

Format keluaran       : 3GP, APNG, ASF, AVI, DV, FLV, GIF, MKV, MOV, MP4, MPG, OGG, OGV, RM, SWF, WebM, dan WMV.

Kelebihan                    : Tampilan yang intuitif, kaya fitur, dan platform pengeditan video yang mudah digunakan.

Kekurangan                : Fitur-fitur tertentu menjadi tidak tersedia ketika menggunakan perangkat lunak versi gratis dalam jangka waktu yang lebih lama.

8. Kdenlive – Gratis dan Open Source

Kdenlive adalah software pengeditan video open source atau sumber terbuka yang kompatibel dengan Windows, Mac, dan Linux. Perangkat lunak pengeditan video ini menggabungkan kesederhanaan editor video tingkat pemula dengan alat pengeditan video canggih yang sering digunakan oleh para profesional berpengalaman.

Sebagai salah satu editor video gratis terbaik, ini populer di Linux, tetapi sekarang juga dapat digunakan di Windows. Ini mencakup garis waktu multi-track untuk digunakan sehingga dapat mengimpor berbagai klip video dan audio ke garis waktu. Untuk beberapa situasi khusus, misalnya crash, Kdenlive dapat secara otomatis mencadangkan file, jadi jangan khawatir ada file yang hilang.

Dapat juga mengajukan pertanyaan kepada mereka dari forum dan komunitas online jika memiliki pertanyaan, tetapi terkadang tidak mendapat jawaban karena tidak ada tim dukungan.

Format masukan:     RAW, AVI, MPEG4-ASP/MP3, VOB, MPEG-2, MP4, WebM, AAC, OGG dan lain-lain...

Format keluaran       : DVD (PAL dan NTSC), MPEG-2 dan MP4 (PAL, NTSC dan HD, UHD/4K), Matroska-H264/H265, AAC, AC3, MP3, Apple ProRes 422, dll...

Kelebihan                    : Memungkinkan memperluas kemampuan dengan add-on gratis.

Kekurangan                : Tidak ada dukungan teknis.

9. Blender – Video Editor Untuk Profesional

Blender adalah pembuatan konten 3D open source gratis yang mendukung semua sistem operasi utama di bawah Lisensi Publik Umum GNU. Blender memiliki banyak fitur lanjutan seperti alat pemodelan berbasis pengubah, alat animasi karakter yang kuat, materi berbasis node, dll., dan merupakan salah satu editor video terbaik untuk Windows dan Mac.

Software ini sulit digunakan oleh pengguna pemula karena dirancang untuk profesional. Ini gratis untuk digunakan dan didistribusikan. Antarmukanya dapat disesuaikan dan fleksibel dalam pengaturan warna. Di sisi lain, seorang semi-pro atau ingin meningkatkan pengeditan video ke tingkat yang lebih tinggi, editor video gratis ini adalah yang terbaik. Perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mempelajarinya.

Format masukan       : Format audio dan video terbaru

Format keluaran       : .MOV, .MPEG4, .MP4, .AVI, .WMV, .MPEGPS, .FLV, 3GPP, WebM.

Kelebihan                    : Banyak fitur canggih, cocok untuk pengguna tingkat lanjut.

Kekurangan                : Kurva pembelajaran lebih curam untuk pemula; Sumber belajar sangat terbatas.

10. Lightworks

Lightworks adalah editor video gratis hebat yang menampilkan banyak efek video. Ini menghadirkan video ke dalam gaya Hollywood dengan banyak efek VFX dan mode HDR yang luar biasa, dan biayanya hanya $5,49 per bulan.

Sejak lama, banyak pembuat film telah menggunakannya sebagai alat profesional untuk mengedit video. Dapat juga digunakan untuk mengedit video YouTube dan film 4K. Berbicara tentang 4K, dapat menggunakan proxy untuk pengalaman mengedit video 4K yang lancar. Jika ingin mengedit video 4K, ini yang terbaik.

    Format masukan  : AVI, MOV, MXF, MPG, dan MPEG.

    Format keluaran   : MP4, MXF, QuickTime, AVI, MTS, MPG, M2T.

    Kelebihan            : Antarmuka yang dirancang dengan baik dengan banyak fitur canggih.

    Kekurangan          : Tidak ramah pengguna untuk pemula. (*)

Tombol Google News

Tags:

Video editing editor aplikasivideo softwarevideo videoeditor editing video