Bisa Betah! Keelokan Pantai Utara di Jatim

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

10 Juni 2023 03:25 10 Jun 2023 03:25

Thumbnail Bisa Betah! Keelokan Pantai Utara di Jatim Watermark Ketik
Pantai Pasir Putih masih memiliki daya tarik wisatawan dalam negeri. (Foto: Pemkab Situbondo).

KETIK, JAKARTA Pesona pariwisata laut tidak hanya di pantai selatan. Beberapa pantai utara di Jawa Timur tidak mau kalah menyuguhkan keelokannya. Beberapa fasilitas pendukung seperti menyediakan gazebo, restoran, musala, kamar mandi umum, sampai tempat parkir.

Pantai utara dengan ombak yang relatif tenang menjadi daya tarik untuk healing. Bisa juga dijadikan tempat transit sebelum melanjutkan perjalanan darat. Berikut pantai utara yang kerap dijadikan tujuan wisata akhir pekan:

Pasir Putih

Pantai ini sangat popular sebagai jujukan wisata era 70 hingga 90. Banyak wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi Pasir Putih yang terletak di Kecamatan Bungatan, Situbondo.

Lokasi Pantai Pasir Putih yang strategis ini kerap dijadikan transit wisatawan sebelum melanjutkan ke Bali melalui jalur darat. Pasir Putih juga kerap dijadikan jujugan wisata untuk healing.

Ombak pantai utara yang lebih tenang dengan pasir yang putih, menjadikan lokasi ini cocok untuk bermain di tepi pantai. Wahana permainan yang dimiliki pantai ini meliputi kano, snorkeling, diving, keliling pantai dengan perahu layar atau mainan di tepi pantai lainnya.

Anda bisa mengajak anak-anak mencari keong laut, kerang, ikan, atau bintang laut maupun hewan laut lainnya di tepi pantai. Fasilitas lain seperti kamar mandi umum, musala, parkir yang luas, ditambah UMKM di tepi pantai.

Pantai Boom

Kabupaten Tuban memiliki kekayaan pariwisata laut yang cukup lengkap. Maklum kota ini berada di garis pantai utara Jawa Timur. Tapi ada satu pantai yang memiliki nilai historis tinggi, yakni Pantai Boom yang ada di Kelurahan Kutorejo.

Berdasar catatan Pemerintah Kabupaetn Tuban, pantai ini pernah dijadikan pintu perdagangan Kerajaan Singasari hingga Majapahit. Tak heran bila di lokasi ini kerap ditemukan gerabah guci, pisau, dan peninggalan di era klasik.

Pantai ini memiliki dermaga yang menjorok ke laut sepanjang sekitar 800 meter. Ditambah dua sumur air tawar yang dibangun berarsitektur Jawa. Di dinding bangunan sumur ini, terdapat prasasti yang menceritakan sejarah Pantai Boom.

Luas wilayah pantai ini hanya 2,2 hektar. Cukup kecil. Tapi urusan keindahan alam tidak kalah dengan daerah lain. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati sunset sambil menikmati es kelapa muda.

Pantai Delegan

Cuaca Kota Gresik yang panas bisa terbayar saat memasuki Pantai Delegan. Lokasi pantai ini  berada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng atau sekitar 40 km dari jantung Kota Gresik.

Seperti pantai utara lainnya, ombak di Pantai Delegan tidak terlalu tinggi. Tapi tetap waspada dan awasi anak-anak jika main di bibir pantai. Anda juga bisa mengajak anak-anak main di gazebo, ayunan, atau menyewa perahu untuk keliling pantai.

Oh iya, waktu terbaik ke pantai ini adalah pagi hari untuk menikmati sunrise atau sore saat sang surya tenggelam. Anda juga bisa disuguhi aneka kuliner mulai dari seafood hingga makanan khas Gresik.

Pantai Noko

Inilah salah satu spot terbaik untuk snorkeling di utara Jawa Timur. Memang lokasi Pantai Noko agak jauh. Yakni di Pulau Noko, sebuah pulau kecil yang tak jauh dari Pulau Bawean. Untuk menuju Noko, Anda bisa naik sampan dari deramaga apung di Desa Sidogedung Batu.

Di tengah perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Terumbu karang dan ikan-ikan laut berseliweran. Di tengah tidak banyak fasilitas kecuali gazebo dan beberapa pohon kecil untuk berteduh.

Ada baiknya Anda membawa peralatan snorkeling untuk menyaksikan tumbuhan dan binatang laut. Di lokasi ini Anda bisa menyaksikan sunset dan sunrise. Pasirnya yang bersih ditambah anginnya yang sepoi-sepoi membuat mata mudah terpejam. (*)

Tags:

pantai utara situbondo gresik pasir putih pantai delegan gili noko Bawean