Blusukan ke Pasar Hewan Sabtoan, Ini Kata Cabup Rio Kepada Para Pedagang Sapi

Jurnalis: Heru Hartanto
Editor: M. Rifat

12 Oktober 2024 15:35 12 Okt 2024 15:35

Thumbnail Blusukan ke Pasar Hewan Sabtoan, Ini Kata Cabup Rio Kepada Para Pedagang Sapi Watermark Ketik
Cabup Situbondo Yusuf Rio (kaos orange) saat berdialog dengan Peternak Situbondo di Pasar Hewan Sabtoan, Sabtu (12/10/2024) (Foto: Heru Hartanto/Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Calon Bupati Situbondo Nomor Urut 01, Yusuf Rio Wahyu Prayogo blusukan di Pasar Hewan Sabtoan, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. Kehadiran Rio ke dalam pasar hewan itu, langsung disambut ratusan pedagang sapi, Sabtu (12/10/2024).

Kehadiran Rio ke Pasar Hewan Sabtoan tersebut untuk menyerap aspirasi dan melihat secara langsung jual beli hewan sapi, domba dan kambing. “Transaksi jual beli hewan sapi, domba dan kambing ini cukup bagus dan potensi pengembangan ekonominya masih bisa ditingkat. Sebab, populasi hewan ternak di Kabupaten Situbondo, khususnya ternak sapi dan kambing potensinya sangat luar biasa dan mampu meningkatkan pundi-pundi perekonomian masyarakat peternak,” kata Rio.

Apalagi, sambung Rio, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo mencatat, populasi ternak sapi perah maupun sapi potong hingga awal tahun 2023, sebanyak 184.533 ekor. “Jumlah populasi ternak sapi perah maupun sapi potong ini masih bisa dikembangkan menjadikan Kabupaten Situbondo sebagai sentra pemasok daging sapi terbesar di Indonesia,” jelasnya.

Jumlah populasi ternak sapi tersebut, kata Rio, sangat luar biasa dan jika para peternak di Kabupaten Situbondo mau bergerak secara profesional dan mau memanfaatkan kecanggihan tehknologi dalam bidang peternakan sapi, maka populasi ternak sapi di Kabupaten Situbondo akan terus meningkat.

“Untuk itu, jika saya dan Mbak Ulfi menjadi pemimpin Situbondo, maka saya akan mengajak dan memfasilitasi para peternak di Kabupaten Situbondo dengan metode peternakan kekinian serta melibatkan para peneliti dan menurunkan dokter-dokter hewan secara rutin untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ternak ke kandang-kandang sapi milik masyarakat peternak,” kata Rio.

Populasi hewan ternak sapi yang sudah ada ini, sambung Rio, harus terus dikembangkan secara berkelanjutan agar populasi ternak sapi bisa semakin meningkat. “Insya Allah, saya akan memberikan semangat baru kepada para peternak agar usaha di bidang peternakan sapi semakin berkembang dan lebih maju,” tutur Rio.

Sementara itu, Rahwiyadi peternak sekaligus pegang sapi asal Dusun Curah Malang, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo mengatakan bahwa, pihaknya meminta kepada Cabup Rio agar memajukan dunia peternakan, utamanya peternakan sapi.

“Jika, paslon nomor urut 01 Mas Rio dan Mbak Ulfi jadi Pemimpin Situbondo, permintaan saya bersama peternak sapi lainnya memohon bantuan atau disediakan alat pembuat pakan ternak sapi modern,” kata Rahwayadi.

Lebih lanjut, Rahwayadi mengatakan, dengan peralatan modern pembuat pakan ternak, maka dirinya yakin dunia peternakan di Situbondo akan semakin maju. Karena selama ini dunia peternakan di Kabupaten Situbondo berjalan stagnan.

“Agar Peternakan di Kabupaten Situbondo Tidak Stagnan, kami bersama peternak lainnya siap mendukung dan memenangkan Paslon Rio dan Ulfi menjadi Pemimpin Situbondo pada kontestasi Pilkada Situbondo yang akan dilaksanakan pada Rabu 27 November 2024 mendatang,” pungkas Rahwayadi, pedagang sapi asal Kecamatan Asembagus. (*)

Tombol Google News

Tags:

blusukan Ke Pasar Hewan Ini Kata Cabup Rio Kepada Pedagang Sapi Situbondo Berita