Blusukan ke Pasar, Repnas Jember Kawal Program Makan Siang dan Susu Gratis

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

2 Februari 2024 20:06 2 Feb 2024 20:06

Thumbnail Blusukan ke Pasar, Repnas Jember Kawal Program Makan Siang dan Susu Gratis Watermark Ketik
Sapa dan serap keluhan para pedagang di Pasar Tanjung, Jember (2/2/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Prabowo Gibran Kabupaten Jember mengawal program pasangan calon nomor urut 2 bagi-bagi makan siang dan susu gratis untuk anak-anak. 

Kegiatan sosial yang dilakukan untuk mengenalkan program itu, Repnas membagikan 200 paket beserta pernak-pernik kaos, stiker, dan kalender bergambar calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka untuk para pedagang Pasar Tanjung, Kecamatan Kaliwates pada Jumat (2/2/2024) siang.

Di bawah terik matahari, puluhan relawan diserbu mereka yang menggantungkan mata pencahariannya di pasar seperti pedagang, tukang becak, dan ojek. Repnas Jember menyapa para pedagang kebutuhan pangan pokok sekaligus menjalankan amanah dari Prabowo.

Prabowo Subianto juga tengah menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI). Untuk itu perlu komitmen dan amanah dari para kader maupun relawan Koalisi Indonesia Maju untuk memperhatikan nasib pedagang pasar yang selalu dipandang sebelah mata.

Ketua Repnas Jember, Fandy Setia Laksana mengatakan kegiatan sosial ini merupakan salah satu upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 sekaligus mensosialisasikan sosok capres-cawapres nomor urut 2.

Pasar Tanjung dipilih menjadi tempat sosialisasi karena dinilai sebagai pasar sentra dan ikonik yang berdiri sejak era 70-an di Jember. Juga banyak masyarakat yang beraktivitas disitu. 

Foto Repnas Prabowo-Gibran Jember bagi-bagi makan siang dan susu gratis di Pasar Tanjung Jember, Jumat (2/2/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)Repnas Prabowo-Gibran Jember bagi-bagi makan siang dan susu gratis di Pasar Tanjung Jember, Jumat (2/2/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

“Kami menyasar pedagang pasar karena sesuai dengan program Prabowo-Gibran untuk merangkul mereka,” ujar Fandy, sapaan akrabnya saat dikonfirmasi di sela kegiatan. 

Terpisah, Bendahara Umum Repnas Jember Randhy Vega mengaku menyerap banyak keluh kesah para pedagang di pasar.

“Setelah tadi keliling-keliling pasar, ada beberapa aspirasi dari mereka yang kita tampung. Pertama, kenaikan harga retribusi lapak untuk berjualan di kawasan pasar. Juga beberapa ada yang bilang harga-harga bahan pokok naik dua kali lipat,” ujar Vega.

Dari aspirasi itu, lanjut Vega, Repnas sebagai kepanjangan tangan relawan pendukung Prabowo-Gibran akan meneruskan informasi itu.

"Tentunya akan kita tampung keluhan mereka, kemudian kami eskalasikan ke tingkat Jatim dan nasional," ucapnya.

Pantauan di lapangan, ratusan ibu-ibu dan bapak-bapak berebut 200 paket makan siang dan susu, juga kaos, kalender, dan stiker.

"Pak Prabowo pasti layak jadi presiden, kerjanya bagus. Semoga tahun ini Pak Prabowo jadi presiden. Saya dukung, sudah sreg (cocok) di hati,” ujar Jupri, salah satu pedagang daging ayam.(*)

Tags:

Relawan Pengusaha Muda Indonesia Repnas Jember Prabowo-gibran pemilu2024 makan siang dan susu gratis pasar tanjung pilpres2024