Bogasari Ajak Awak Media Kembangkan Potensi di Bidang Kuliner

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

1 Februari 2024 12:34 1 Feb 2024 12:34

Thumbnail Bogasari Ajak Awak Media Kembangkan Potensi di Bidang Kuliner Watermark Ketik
Chef Hadi Haudi saat menujukkan bakpao yang sudah matang di BBC. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Bogasari Baking Center (BBC) Surabaya mengajak awak media untuk mengikuti sekolah masak di kelas tersebut.

Awak media ditunjukkan cara membuat kue dari mulai pemilihan tepung, cara membuat kue hingga cara menghias kue yang cantik dan nikmat.

Resep yang ditunjukkan kali ini adalah resep bakpao dan kue kekinian yaitu cromboloni.

Chef Hadi Haudi menjelaskan bahwa acara ini tidak hanya untuk menambah ilmu untuk awak media tetapi juga agar mereka memiliki minat di bidang usaha kuliner.

Sebelum ke praktek secara langsung, Hadi menjabarkan step by step pembuatan bakpao dengan memberikan tips agar bakpao memiliki tekstur yang lembut dan empuk.

Dengan teknik dan bahan yang benar, bakpao yang dihasilkan berwarna putih dan glowing padahal tanpa menggunakan pemutih.

"Tepung Cakra Kembar Emas mengembang lebih sempurna untuk roti oriental, khusus untuk roti-roti yang lebih lembap, jika bakpao menggunakan tepung ini akan menghasilkan kulit yang shine dan putih alami," jelasnya pada Kamis (1/2/2024).

Para awak media sangat antusias mengikuti praktek secara langsung membuat bakpao, awalnya bakpao diuleni sampai kalis dengan ditambahkan air dan mentega putih.

Selanjutnya, diuleni kembali menggunakan alat hingga memiliki tekstur yang lembut dan lentur.

Setelah adonan lentur, dibulatkan lalu diisi dengan pasta kacang merah yang sudah disiapkan. Lalu diajarkan untuk membentuk bakpao tidak berbentuk bulat seperti biasa tetapi berbentuk bunga teratai, mawar dan daun.

Sambil menunggu bakpao matang, para awak media lanjut membuat cromboloni dengan isian krim rasa coklat dan stroberry.

Proses cromboloni cukup panjang, karena memiliki teknik khusus untuk menciptakan layer di dalam kue tersebut.

Bahan dari cromboloni ini menggunakan tepung cakra kembar premium, ragi instan, bread impover, telur, air es, margarin dan korsvet.

"Kuncinya adonan harus dingin agar ragi impovernya tidak terlalu bekerja, sehingga cromboloni l memiliki tekstur yang sesuai dan pas," ujar Chef Hadi.

Adonan dipipihkan menggunakan alat canggih, dan dilipat dengan teknik khusus agar memiliki layer-layer dan tidak menumpuk korsvet di tengah.

Setelah itu, adonan cromboloni dipotong memanjang lalu digulung dan dicetak setelah itu dimasukkan ke dalam alat proving agar mengembang sempurna.

Tahap terakhir, adonan tersebut dipanggang selama 30 sampai 40 menit lalu setelah dingin dimasukkan toping krim rasa coklat atau rasa stroberry.

Wajah sumeringah para awak media karena membawa pulang hasil karyanya yaitu bakpao dan cromboloni.

Produk yang dihasilkan dari BBC memiliki rasa dan tekstur yang nikmat dan seperti produk dari toko roti premium.

BBC sangat telaten mengajari awak media, dan menjelaskan secara detail setiap pertanyaan yang diajukan teman-teman.

Jika ingin belajar membuat roti maupun kue dan berbagai macam hidangan. Yuk langsung saja ke BBC yang beralamat di Tegalsari No 103-104 Surabaya. (*)

Tombol Google News

Tags:

BBC Bogasari Baking Center sekolah masak bakpao Cromboloni Chef Hadi Haudi Bogasari Baking Center Surabaya