Bolak-Balik ke Jember, Emil Dardak Sorot Kemacetan di Jalur Probolinggo-Lumajang

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

28 Juli 2023 12:27 28 Jul 2023 12:27

Thumbnail Bolak-Balik ke Jember, Emil Dardak Sorot Kemacetan di Jalur Probolinggo-Lumajang Watermark Ketik
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak bersama Bupati Jember Hendy Siswanto (batik merah) saat Harkopnas Jawa Timur, Kamis (27/7/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak membagikan pengalamannya saat melakukan perjalanan ke Kabupaten Jember. 

Emil mengaku sempat terjebak kemacetan di jalur Probolinggo-Lumajang saat menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-76 se-Jawa Timur di Alun-Alun Kabupaten Jember pada Kamis (27/7/2023).

Apalagi, Wagub Jatim Emil Dardak dalam sepekan terakhir mengunjungi perhelatan yang diselenggarakan di Kabupaten Jember.

“Saya berapa kali bolak-balik Jember dalam beberapa waktu terakhir ya,” ungkap Emil.

Dirinya datang ke event Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI) pada pekan lalu (21/7/2023), kemudian Harkopnas Jatim ke-76 (27/7/2023), serta Jambore Batik yang diselenggarakan Jumat (28/7/2023).

Emil mengatakan kemacetan yang kerap terjadi karena para pengendara yang tidak tertib berlalu lintas.

“Jadi saya malam-malam lewat situ (jalur Probolinggo-Lumajang), ada truk lawan arah ketemu truk lagi. Akhirnya truk yang di jalurnya sendiri sudah legowo, gak marah gak apa tapi dia matiin mesinnya, kakinya diangkat ke setirnya, tidur. Saya bingung oh ternyata ini sudah biasa ya disini,” ulasnya.

Melalui kesempatan itu, Emil mengaku sempat berdiskusi dengan Bupati Jember Hendy Siswanto bahwa akan mengurai kemacetan yang sering terjadi. Juga akan menggandeng Bupati Probolinggo maupun Bupati Lumajang.

Di samping melibatkan pemerintahan, dirinya juga mengajak masyarakat setempat untuk ikut mengawasi.

“Cukup dicatat pelat nomor dan buktinya kemudian bisa dilaporkan dan akhirnya bisa lancar (arus lalu lintas),” ajak Emil.

Tidak hanya itu, pihaknya dalam pekan terakhir telah bertemu dengan Menko Perekonomian, Menteri PU, Sekjen dan Dirjen Bina Marga untuk meneruskan komitmen pelebaran jalan Probolinggo-Lumajang. 

“Jadi ada pemanfaatan bahu jalan yang diperkeras sehingga masih ada ruang untuk bermanuver menghindari kemacetan,” ujarnya.

Menurutnya, jalur lalu lintas yang menghubungkan antar kota/kabupaten, terutama Kabupaten Jember, memiliki andil untuk melancarkan perekonomian. Khususnya di kawasan tapal kuda.

“Jember sebagai salah satu dari kabupaten terbesar serta jumlah penduduknya yang banyak. Ini memang ekonominya kita harapkan semakin maju,” tandas Emil.(*)

Tombol Google News

Tags:

Emil Dardak Jember Probolinggo-Lumajang macet Lalu lintas Tapal kuda Wagub Jatim Bupati Lumajang INFRASTRUKTUR