BREAKING NEWS! Gempa 5 Magnitudo di Timur Laut Tuban, Terasa Hingga Surabaya

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

17 April 2024 16:50 17 Apr 2024 16:50

Headline

Thumbnail BREAKING NEWS! Gempa 5 Magnitudo di Timur Laut Tuban, Terasa Hingga Surabaya Watermark Ketik
Gempa terjadi di Timur Laut Tuban kembali terjadi, Rabu (17/4/2024). (Foto: tangkapan Layar BMKG Juanda)

KETIK, SURABAYA – Gempa bumi kembali terjadi di timur laut Tuban yang terjadi pada Rabu (17/4/2024) sekitar pukul 15.15 WIB. Gempa sebesar 5,0 Magnitudo ini dapat dirasakan hingga di Surabaya yang membuat masyarakat berhamburan.

Berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi di koordinat 5,83° LS ; 112,31° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 122 Km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," ucap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Daryono membenarkan bahwa gempa bumi ini sama seperti gempa bumi sebelumnya yang lebih dekat dengan perairan Gresik, tepatnya Pulau Bawean. Maka dari itu, gempa ini sangat dirasakan oleh warga Bawean.

"Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bawean dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu)," katanya.

Lebih lanjut, Daryono menyampaikan kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga juga diimbau menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," katanya.
 
"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkas dia. (*)

Tags:

BMKG Gampa Tuban Bawean Surabaya