BSI Jalin Kerja Sama Pemenuhan Listrik di Tambang dengan PLN

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

12 September 2023 13:25 12 Sep 2023 13:25

Thumbnail BSI Jalin Kerja Sama Pemenuhan Listrik di Tambang dengan PLN Watermark Ketik
Penerangan listrik membuat pekerja tambang bisa menjalani pekerjaannya, Selasa (12/9/2023). (Foto : Humas BSI)

KETIK, SURABAYA – PT Bumi Suksesindo (BSI) telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) dengan PT PLN (Persero) Unit Induk Jawa Timur (PLN Jatim) di kantor pusat PT PLN (Persero). Hal ini dilakukan untuk menyediakan listrik dalam memenuhi kebutuhan Proyek Tembaga Tujuh Bukit yang dikelola BSI di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

“Proyek Tembaga Tujuh Bukit ini merupakan proyek tambang berumur panjang, sekitar 30-40 tahun. Suplai listrik yang besar dan dapat diandalkan sangat penting untuk mendukung kegiatan pertambangan yang diperkirakan dapat meningkatkan produksi tembaga Indonesia sebesar 10 persen hingga 15 persen,” ujar Direktur BSI, Riyadi Effendy, Selasa (12/9/2023).

Proyek Tembaga Tujuh Bukit merupakan salah satu proyek tambang terbesar di dunia yang belum dieksploitasi. Proyek ini mengandung sumber daya mineral 1,71 miliar ton bijih dengan kadar 0,47 persen tembaga dan 0,50 g/t emas yang mengandung sekitar 8,1 juta ton tembaga dan 27,4 juta ounces emas, termasuk sumber daya terindikasi 442 juta ton dengan 0,60 persen tembaga dan 0,66 g/t emas.

"Penandatanganan PJBTL ini merupakan momen penting dalam menjamin ketersediaan listrik bagi proyek yang diproyeksikan menjadi salah satu tambang tembaga terbesar di Indonesia," ucap pria yang biasa dipanggil Teddy.

Proyek Tembaga Tujuh Bukit merupakan satu dari beberapa proyek kelas dunia yang tengah dikembangkan Grup Merdeka. (*)

Tombol Google News

Tags:

BSI Tambang PLN listrik Kebutuhan Listrik