Buka Pelaksanaan UKW, Kapolresta Malang Kota Dorong Kolaborasi Dengan Wartawan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

21 Juli 2023 06:20 21 Jul 2023 06:20

Thumbnail Buka Pelaksanaan UKW, Kapolresta Malang Kota Dorong Kolaborasi Dengan Wartawan Watermark Ketik
Tamu dan peserta UKW angkatan ke-51 berfoto bersama (foto: PWI Malang Raya)

KETIK, MALANG – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-51 yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya resmi dibuka, Jumat (21/7/2023). Pembukaan UKW itu juga dihadiri oleh Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto. 

Dalam sambutannya pria yang akrab dipanggi Buher ini menekankan pentingnya kolaborasi yang terjalin antara wartawan dan kepolisian 

"Polresta Malang Kota menyambut baik karena PWI dan jurnalis selalu membantu setiap pemberitaan. Memberikan info terkini, terpercaya, dan terupdate kepada masyarakat. Polresta Malang Kota juga selalu membuka diri bagi PWI untuk terus mengasah pengetahuan," ujarnya ditemui di IKIP Budi Utomo Malang.

Menurutnya tiga komitmen yang harus dipegang wartawan ialah kemampuan, pengetahuan, dan perilaku. Dengan demikian dapat menjadikan kinerja wartawan semakin profesional.

"Kita mengusung tentang skill, knowledge dan attitude. Tiga hal ini diracik dan diramu dalam pelaksanaan UKW. Antara tiga hal itu tidak bisa terpisah secara parsial, harus seiring sejalan," lanjutnya.

Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim menambahkan, sertifikasi wartawan sangat penting dilakukan. Ketika wartawan sudah mengantongi sertifikasi berkompeten melalui UKW, maka tanggung jawab yang dipikul semakin besar.

"Ilmu memang tidak bertambah, tapi tanggung jawab yang bertambah ketika disebut sebagai wartawan berkompeten. Bukan hanya kompetensi dalam keilmuan dan keterampilan saja, tapi perilakunya. Sangat naif jika sudah berkompeten tapi perilakunya sama dengan wartawan yang belum berkompeten," serunya.

Sebagai informasi, UKW angkatan ke-51 yang digelar oleh PWI Malang Raya ini diikuti oleh 36 wartawan dari berbagai daerah. Keseluruhan jumlah tersebut terbagi dalam enam kelas, dengan rincian empat kelas jenjang Muda, satu kelas jenjang Madya, dan satu kelas jenjang Utama.

"Profesi ini didukung oleh peraturan, ada Kode Etik Jurnalistik dan banyak peraturan lainnya. Artinya memaksa karya jurnalistik sebagai karya yang jujur. Ada tanggung jawab moral terhadap masyarakat untuk lebih berkualitas. Apa lagi ada lebih dari 50 persen wartawan di Malang Raya yang sudah UKW," sambungnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

UKW PWI Malang Raya Uji kompetensi wartawan UKW angkatan ke-51 Kota Malang Persatuan Wartawan Indonesia Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto