Bupati Bandung Ungkap Kendala Percepatan Investasi Berskema KPBU ke Pemerintah Pusat

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

7 Desember 2023 16:27 7 Des 2023 16:27

Thumbnail Bupati Bandung Ungkap Kendala Percepatan Investasi Berskema KPBU ke Pemerintah Pusat Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna saat Rakornas Investasi di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (7/12/23).(Foto:Diskominfo)

KETIK, JAKARTA – Bupati Bandung Dadang Supriatna menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2023 yang dibuka langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Pada kesempatan itu Bupati Bandung menyampaikan aspirasi kepada pemerintah pusat untuk dapat membantu Kabupaten Bandung dalam mendorong dan meningkatkan investasi.

Sebab potensi investasi di Kabupaten Bandung sangat besar, kata bupati, terutama di bidang pariwisata. Hanya saja pihaknya menghadapi kendala untuk mewujudkan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam hal investasi.

"Mengenai upaya percepatan investasi, kami terkendala proses KPBU. Sudah 2,5 tahun belum selesai juga. Kami minta Kementerian BUMN bisa memfasilitasi tentang skema kerjasama KPBU ini atau ada enggak perampingan birokrasi sehingga percepatan investasi di wilayah kami bisa lebih cepat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ungkap Bupati Dadang Supriatna

Padahal menurutnya di Kabupaten Bandung terdapat beberapa BUMN seperti PTPN dan Perhutani yang juga ikut membuka destinasi wisata di wilayahnya.

Aspirasi yang disampaikan Dadang Supriatna pun langsung direspon Menteri Agraria dan Tata Ruang, Hadi Tjahjanto. Hadi menyatakan pemerintah pusat akan mendukung upaya Bupati Bandung yang tengah menggenjot investasi di Kabupaten Bandung, khususya di bidang pariwisata. 

"Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung terus meningkat setiap tahunnya. Untuk itu kami dukung penuh Pak Bupati peningkatan investsi. Kami akan bantu, termasuk untuk memberikan kepastian hukum kepada investor yang akan datang ke Kabupaten Bandung," tandas Hadi. (*)
 

Tags:

BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA investasi KPBU