Bupati Blitar Hadiri Sosialisasi Tabungan Simpel untuk Sekolah Dasar

Jurnalis: Favan Abu Ridho
Editor: Mustopa

18 September 2024 11:16 18 Sep 2024 11:16

Thumbnail Bupati Blitar Hadiri Sosialisasi Tabungan Simpel untuk Sekolah Dasar Watermark Ketik
Sosialisasi Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) yang diselenggarakan oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Penataran Artha Sejahtera (PAS), Rabu (18/9/2024). (Foto: Favan/Ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – Bupati Blitar, Rini Syarifah, menghadiri acara sosialisasi Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) yang diselenggarakan oBank Perkreditan Rakyat (BPR) Penataran Artha Sejahtera (PAS) di Pendapa Ageng Hand Asta Sih, Srengat, Kabupaten Blitar.

Acara ini dihadiri oleh para kepala sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Blitar dan merupakan bagian dari program literasi serta inklusi keuangan di lingkungan sekolah, Rabu, 18 September 2024.

Direktur Utama PT. BPR Penataran Artha Sejahtera, Sahrial Amri, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan program rutin yang diwajibkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika pada tahun sebelumnya fokus kegiatan adalah edukasi terkait pinjaman online (pinjol), tahun ini BPR PAS memfokuskan program literasi keuangan pada siswa melalui kebiasaan menabung sejak dini.

"Jika tahun lalu kita berfokus pada pinjaman online (pinjol), tahun ini kita fokuskan pada pelajar dalam hal menabung," ungkap Sahrial Amri.

Program Simpel ini ditujukan untuk seluruh sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar. Pada kesempatan ini, sosialisasi diikuti oleh sekitar 680 Sekolah Dasar. Sahrial Amri juga menjelaskan bahwa program ini merupakan penyempurnaan dari sistem lama yang sebelumnya sempat vakum.

Foto Direktur Utama PT. BPR Penataran Artha Sejahtera, Sahrial Amri, saat memberikan keterangan pada awak media, Rabu (18/9/2024). (Foto: Favan/ketik.co.id)Direktur Utama PT. BPR Penataran Artha Sejahtera, Sahrial Amri, saat memberikan keterangan pada awak media, Rabu, 18 September 2024. (Foto: Favan/Ketik.co.id)

Dalam sambutannya, Bupati Blitar, Rini Syarifah, menekankan pentingnya program Simpel sebagai sarana edukasi keuangan praktis bagi siswa dan guru. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya menabung di sekolah dengan sistem pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien.

“Program Simpel ini dapat dijadikan sebagai salah satu sarana edukasi praktis keuangan dan perbankan bagi siswa dan guru, menumbuhkan budaya menabung di sekolah, dengan sistem pembayaran dan pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien di lingkungan sekolah," ujar Bupati Rini Syarifah.

"Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Blitar mendorong BPR Penataran Artha Sejahtera untuk bekerja sama dengan sekolah-sekolah se-Kabupaten Blitar agar sekolah-sekolah menyimpan dan/atau menabung di BPR Penataran Artha Sejahtera yang merupakan bank milik Pemerintah Kabupaten Blitar,” sambungnya.

Tabungan Simpel ini ditargetkan bagi siswa PAUD hingga SMA, yang diharapkan dapat membentuk kebiasaan menabung sejak dini.

BPR PAS, yang telah menjalani proses rebranding dari PT. BPR Hambangun Artha Selaras menjadi PT. BPR Penataran Artha Sejahtera, berkomitmen untuk mendukung literasi keuangan di Kabupaten Blitar. Proses perubahan nama ini telah disahkan oleh Kemenkumham pada 30 Mei 2024 dan disetujui oleh OJK pada 25 Juli 2024.

Selain program Simpel, BPR PAS juga mengoptimalkan produk kredit untuk pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Blitar. Pemerintah Kabupaten Blitar berharap BPR PAS dapat memperluas jangkauan pelayanan perbankannya, termasuk bagi ASN, perangkat desa, pedagang pasar, serta pelaku UMKM.

“Kami berharap BPR Penataran Artha Sejahtera semakin maju dan sukses, sehingga dapat memberikan pelayanan perbankan yang optimal serta berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Blitar,” jelas Bupati Rini Syarifah.

Di akhir sambutannya, Bupati Blitar memberikan motivasi kepada seluruh peserta sosialisasi. "Sekali lagi, semoga BPR PAS ini ke depannya menjadi lebih maju dan sukses. Jangan lelah untuk selalu kreatif demi mewujudkan putra-putri bangsa yang cerdas, berkarakter, dan berdaya saing dalam menyongsong Indonesia emas 2045," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Blitar Sosialisasi Simpel Simpanan Pelajar BPR Penataran Rini Syarifah Blitar Kabupaten Blitar