Bupati Hasan Ali Bassam Gandeng 2 Kampus Ternama Jatim Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan Halsel

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Naufal Ardiansyah

28 Maret 2024 14:45 28 Mar 2024 14:45

Thumbnail Bupati Hasan Ali Bassam Gandeng 2 Kampus Ternama Jatim Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan Halsel Watermark Ketik
Bupati Halsel di ruang rapat UM Surabaya saat pelaksanaan penandatanganan MoU. (Foto: Alif/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Gerak cepat Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba meningkatan mutu pendidikan dan pelayanan kesehatan di Halmahera Selatan (Halsel) membuahkan hasil positif.

Dua terobosan tersebut yakni, melaksanakan MoU bersama Universitas Muhammadiyah Surabaya terkait Rekongnisi Pembelajaran Lampau (RPL) dan menjajaki kebutuhan kesehatan dengan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) Malang Jawa Timur terhadap pemenuhan tenaga Dokter spesialis di RUSD Marabose Halsel.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten, kami mengucapkan terimakasih kepada rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya beserta jajaran yang telah mengagendakan penandatanganan MoU pada hari ini," ucap Bupati Halsel saat menyampaikan paparanya di ruang rapat Universitas Muhammadiyah Surabaya Rabu (27/3/2024).

Selain itu Bupati Halsel juga mengatakan, RPL menjadi prioritas bagi tenaga guru ASN dari jenjang paling bawah hingga Sekolah Menengah Atas (SMP) yang masih punya kesempatan untuk mengabdi.

“Program RPL ini kita prioritaskan kepada Guru ASN dari PAUD hingga tingkat SMP yang belum sarjana dengan masa pengabdian diatas 5 tahun dan masih memiliki kesempatan diatas 7 tahun sebelum pensiun," tuturnya.

Bassam berharap, MoU bersama UM Surabaya, dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Halsel. Sebab kata dia, tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan ialah disebabkan oleh tenaga pendidik yang belum terkualifikasi. 

Foto Rombongan Bupati Halsel berpose Bersama jajaran Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. (Foto Alif)Rombongan Bupati Halsel berpose Bersama jajaran Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. (Foto: Alif)

Di waktu yang hampir bersamaan, Bupati Bassam di dampingi Sekretaris Kesehatan dr. Surahmat, Kabag Kesra Yudi Eka Prasetiya juga bertemu dengan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang Dr. dr. Wisnu Barlianto, M.Si., Med., SpA(K) membahas kerja sama di bidang kesehatan.

Bassam katakan, kedatangannya ke Malang di sambut baik oleh seluruh jajaran FKUB Malang.

“Kedatangan kami ke Malang tidak sia-sia, karena Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) Malang sangat mendukung langkah pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Halsel” ucap Bupati Halsel.

Menurut Bassam Kerja sama yang dibangun, akan menghasilkan manfaat besar bagi masyarakat Halsel.

“Dengan inovasi yang di hasilkan dari kerjasama tersebut, di harapkan dapat memperbaiki kualitas pelayanan dan manfaat kesehatan bagi masyarakat” tuturnya.

Sementara Wisnu Barlianto mengungkapkan, kesiapan pihaknya atas kerjasama dengan Pemda Halsel.

“FKUB Malang siap untuk menjalin kerjasama dalam waktu dekat dengan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan demi meningkatkan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat Halsel” ungkap Wisnu.

“FKUB Malang sangat mendukung langkah pemerintah Halsel dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan siap bekerjasama dalam waktu dekat,” pungkasnya. (*)

Tags:

Terobosan dan Inovasi Pendidikan dan Kesehatan Buapti Bassam UMSurabya Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang Jawa timur halmahera selatan peningkatan mutu pendidikan Pelayanan kesehatan MoU Kerjasama