Bupati Malang Bersama 225 Anggota Papdesi Ziarah ke Makam Bung Karno

Editor: Gumilang

17 September 2024 13:30 17 Sep 2024 13:30

Thumbnail Bupati Malang Bersama 225 Anggota Papdesi Ziarah ke Makam Bung Karno Watermark Ketik
Bupati Malang, Sanusi, ketika berziarah ke Makam Bung Karno bersama 225 Anggota Papdesi Kabupaten Malang. (Foto: Prokopim Kabupaten Malang)

KETIK, MALANG – Bupati Malang Sanusi bersama 225 Anggota Papdesi (Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Malang, ziarah ke Makam Bung Karno di Kota Blitar, Selasa, 17 September 2024.

Ziarah ke makam Proklamator tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI dan menyambut HUT ke-1264 Kabupaten Malang. Turut ikut dalam ziarah tersebut, Wabup Malang Didik Gatot Subroto.

Sebelum melakukan tabur bunga, seluruh peserta ziarah diminta untuk mengheningkan cipta dan juga berkirim doa dengan dipimpin langsung oleh Bupati Malang di pusara makam Bung Karno.

Prosesi ziarah berlangsung khidmat. Setelah berdoa, Bupati Malang bersama rombongan melakukan tabur bunga di Makam Bung Karno secara bergantian.

Bupati Malang Sanusi menjelaskan mengenai kegiatan ziarah ke Makam Bung Karno tersebut. Yakni bertujuan untuk berdoa secara langsung di makam sang Proklamator, karena telah banyak memberikan jasa untuk kemerdekaan negeri ini.

"Ziarah hari ini menjadi pengingat bersama bahwa bangsa ini ada tidak terlepas dari sejarah dan tidak lepas dari perjuangan Ir Soekarno dalam kemerdekaan RI," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, melalui ziarah ini pula diharapkan Kabupaten Malang kedepannya tetap menjadi Kabupaten yang Makmur dan Berkelanjutan.

"Tentunya kesejahteraan dan pembangunan akan terus ditingkatkan baik dibidang industri maupun bidang pendidikan dan kesehatan," kata Politisi PDI Perjuangan tersebut.

Ditegaskannya, ziarah ini merupakan sebuah cara untuk memanggil kembali memori tentang perjuangan, pengorbanan dan referensi keteladanan sosok Bung Karno. 

“Apalagi saat seperti sekarang memori kita, bagaimana teladan perjuangan Bung Karno mengajak seluruh dunia untuk memberikan pengakuan kemerdekaan terhadap Palestina. Hari ini rasanya memori kita dipanggil oleh sang Proklamator untuk memberikan penguatan kemanusiaan, perdamaian dan kemerdekaan sebuah bangsa,”  tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Malang Sanusi Kabupaten Malang Makam Bung Karno Blitar Papdesi