Bus Jemaah Umrah di Saudi Kecelakaan, 20 Orang Tewas

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Marno

28 Maret 2023 06:01 28 Mar 2023 06:01

Thumbnail Bus Jemaah Umrah di Saudi Kecelakaan, 20 Orang Tewas Watermark Ketik
Ilustrasi. Bus mengangkut jemaah umrah mengalami rem blong, kemudian menabrak jembatan dan terbakar di Saudi. (Foto: Istockphoto)

KETIK, JAKARTA – Sebuah bus yang mengangkut jemaah umrah di Mskkah mengalami kecelakaan, setelah menabrak jembatan pada Senin (27/3/2023) waktu setempat.

Dilansir dari Gulf News, kecelakaan bus ini menyebabkan 20 jemaah tewas dan 29 orang lainnya mengalami luka-luka.

Menurut laporan media lokal Saudi, kecelakaan bus terjadi di jalan yang menghubungkan provinsi Asir dengan kota Abha di barat daya Saudi. Dugaan awal kecelakaan disebabkan rem blong hingga menabrak jembatan, terbalik, dan terbakar.

"Menurut informasi awal yang kami terima, jumlah korban meninggal dalam kecelakaan ini mencapai 20 orang, dan jumlah total luka-luka sekitar 29 orang," demikian laporan saluran TV Al Ekhbariya, mengutip The National.

Tayangan di televisi lokal memperlihatkan kondisi bus yang terbalik dan terbakar di lokasi kejadian. Korban tewas dan luka-luka juga telah dibawa ke sejumlah rumah sakit di wilayah Asir.

Disebutkan bahwa para korban berasal dari beberapa negara berbeda. Namun belum diketahui dari mana saja asal para jemaah umrah yang menjadi korban kecelakaan.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, mengatakan belum diketahui apakah ada WNI yang menjadi korban dalam kecelakaan bus. Pihaknya tengah berkoordinasi dengan otoritas setempat.

"Saat ini KJRI Jeddah sedang berkoordinasi dengan otoritas setempat mengenai kemungkinan adanya korban WNI dalam kecelakaan tersebut," ungkapnya kepada media. (*)

Tags:

Bus jemaah Umroh kecelakaan 20 meninggal