Calon Perseorangan Pilkada Jember Gus Jaddin-Arismaya Penuhi Syarat Administrasi

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

19 Juni 2024 07:59 19 Jun 2024 07:59

Thumbnail Calon Perseorangan Pilkada Jember Gus Jaddin-Arismaya Penuhi Syarat Administrasi Watermark Ketik
(Dari kiri) Gus Jaddin, Gus Baikun, dan Arismaya Parahita saat menyerahkan berkas pendaftaran calon perseorangan bupati-wakil bupati (Foto: KPU Jember)

KETIK, JEMBER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember menyatakan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati perseorangan Muhammad Jaddin Wajad dan Arismaya Parahita telah memenuhi syarat dukungan administrasi.

Dari hasil verifikasi administrasi (vermin), syarat dukungan pasangan Gus Jaddin-Arismaya telah melampaui batas minimal dukungan, yakni 128.196 identitas.

“Total dukungan sebanyak 135.508 dari 142.174 yang diajukan sebelumnya dan tersebar di 31 kecamatan se-Kabupaten Jember,” ungkap Komisioner KPU Jember Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Hendra Wahyudi saat dikonfirmasi, Rabu (19/6/2024) siang.

Selanjutnya, setelah lolos verifikasi administrasi yang dilakukan oleh PPS dan PPK, kemudian akan dilakukan verifikasi faktual (verfak) untuk memastikan dukungan yang diberikan masyarakat sesuai dengan form yang dilampirkan.

“Lolos vermin bukan berarti lolos menjadi calon, masih ada verfak. Karena waktunya juga sudah mepet nanti akan melibatkan PPK, PPS, dan dibantu Pantarlih untuk kroscek langsung di lapangan,” tegas Hendra.

Terpisah, Gus Jaddin menyambut baik hasil verifikasi administrasi. Lebih lanjut dia mensosialisasikan kepada pendukungnya untuk memberikan pernyataan yang benar ketika diminta keterangan oleh petugas pemilu.

“Proses verifikasi faktual ini sangat penting sekali, pernyataan para pendukung kepada pihak yang akan mensurvei. Selebihnya kami secara natural mengikuti sajalah proses dari prosedur yang sudah disyaratkan KPU,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gus Jaddin mengaku sangat optimistis lolos pada verifikasi faktual. Alasannya, selama ini dalam penggalangan dukungan dilakukan secara natural tanpa pengkondisian dengan uang atau asal comot data.

“Murni dukungan datang dari masyarakat yang datang memberikan dukungannya secara sukarela. Sebagian ada dari beberapa koordinator di lapangan yang mewakili komunitas,” pungkasnya.(*)

Tags:

Calon Perseorangan Pilkada 2024 Jember KPU Jember Gus Jaddin-Arismaya
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1