Cara Memilih Maskara yang Tepat untuk Bulu Mata

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

7 Juni 2024 18:43 7 Jun 2024 18:43

Thumbnail Cara Memilih Maskara yang Tepat untuk Bulu Mata Watermark Ketik
Ilustrasi penggunaan maskara. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Maskara merupakan salah satu alat make up yang selalu digunakan untuk mempercantik penampilan bagi kaum hawa. Fungsi maskara sendiri adalah memberikan tampilan bulu mata yang lebih bervolume dan lentik.

Akan tetapi, saat menggunakan maskara pernahkah anda mendapati bulu mata yang rusak atau patah? Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh formula atau bahan maskara yang tidak cocok untuk bulu mata anda.

Berangkat dari hal tersebut, kami berikan beberapa tips bagaimana memilih maskara dengan kandungan dan bahan yang cocok untuk bulu mata anda. Simak ulasannya

1. Pilih maskara sesuai dengan kebutuhan

Seperti layaknya alat make up maskara terdiri dari berbagai macam tipe untuk kebutuhan yang berbeda. Beberapa di antaranya seperti Volumizing untuk kalian yang ingin bulu mata terlihat lebih tebal, Lightening agar kalian mendapatkan bulu mata yang lebih panjang, Curling untuk yang menginginkan bulu mata lentik.

2. Pilih kuas yang cocok dengan bulu mata

Selain pemilihan tipe untuk untuk kebutuhan, anda juga harus memiliki maskara denfan tampilan kuas yang cocok untuk bulu mata anda. Kuas Tebal untuk menambah volume karena dapat mengaplikasikan lebih banyak produk pada bulu mata kalian. Kuas Tipis dan Panjang sangat cocok untuk memperpanjang bulu mata dan memberikan aplikasi yang lebih presisi.

Sesangkan kuas Melengkung berfungsi untuk membantu mengangkat dan melentikkan bulu mata, memberikan tampilan yang lebih dramatis.

3. Perhatikan formula maskara

Ini merupakan yang terpenting perhatikan formula yang terkandung di dalam maskara. Perhatikan bahan bahannya karena hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan bulu mata anda. 

4. Sesuaikan dengan kondisi bulu mata

Kondisi bulu mata seseorang tentu berbeda-beda, ada yang berbulu jarang dan ada yang lebat. Untuk bulu mata tipis atau jarang, kalian dapat memilih maskara dengan formula volumizing atau yang mengandung serat untuk menambah ketebalan. 

Bulu mata pendek, gunakan maskara dengan formula lengthening akan membantu memberikan efek bulu mata yang lebih panjang.(*)

Tags:

gaya hidup Kecantikan Make up bulu mata maskara