Cara Menggunakan Mesin Cuci Front Load yang Benar agar Pakaian Tetap Terjaga

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

24 Desember 2023 00:02 24 Des 2023 00:02

Thumbnail Cara Menggunakan Mesin Cuci Front Load yang Benar agar Pakaian Tetap Terjaga Watermark Ketik
Ilustrasi mesin cuci front load. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Mesin cuci menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang cukup banyak digunakan. Sesuai dengan namanya alat ini memiliki kegunaan untuk mencuci pakaian. Seiring dengan teknologinya yang makin canggih, mesin cuci bukaan depan atau front load banyak jadi pilihan masyarakat. 

Mesin cuci jenis ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya karena hanya menggunakan 1 tabung, sehingga tidak perlu lagi memindahkan pakaian dari satu tabung ke tabung lainnya dan dinilai lebih praktis.

Lantas, bagaimana menerapkan cara mencuci baju yang tepat agar bersih maksimal dan tetap awet dengan menggunakan mesin cuci front load? Berikut ini ulasannya

Pahami Cara Penggunaannya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami cara penggunaan mesin cuci front load. Hal ini sangat penting karena beda merek mesin cuci biasanya ada sedikit perbedaan cara penggunaan. 

Biasanya mesin cuci front load memiliki beragam fitur terkini dan mode pencucian. Dengan begitu pengguna bisa memilih mode pencucian yang cocok untuk pakaianmu agar tetap awet.

Pisahkan Pakaian Sesuai Jenis dan Warnanya

Saat akan mencuci menggunakan mesin cuci front load jangan asal memasukkan pakaian dan mencampurnya menjadi satu. Pisahkan dulu pakaian sesuai dengan jenis dan warnanya. Hal ini penting untuk mengurangi risiko rusak atau luntur yang mengotori pakaian warna lain.

Perhatikan Kapasitas Mesin Cuci

Perhatikan juga kapasitas pencuciannya. Pada dasarnya, prinsip menggunakan mesin cuci front load bukan seberapa berat kapasitasnya. Namun, seberapa banyak ruang yang ada untuk mencuci pakaian di dalam tabung. 

Jika pakaian terlalu banyak dan ruang yang tersisa sedikit tentu saat proses pencucian risiko pakaian kurang bersih, mudah melar dan rusak akan semakin besar. Oleh sebab itu perhatikan kapasitas mesin cuci dan usahakan sisakan ruang yang cukup pada tabung.

4. Pakai Laundry Net Untuk Pakaian Kecil

Saat mencuci pakaian yang kecil seperti bra dan pakaian dalam lainnya, jangan lupa gunakan laundry net. Dengan menggunakan laundry net risiko pakaian melar atau rusah dapat di minimalisir. 

Laundry net juga bisa digunakan untuk pakaian yang berbahan satin dan sutera yang lembut agar tidak cepat rusak.

Pakai Detergen Khusus 

Jangan lupa untuk menggunakan deterjen khusus mesin cuci front load saat akan mencuci pakaian. Pasalnya, jenis mesin cuci ini memerlukan deterjen berjenis Low Sud (rendah busa) untuk menjaga sensor mesin cuci lebih awet. 

Busa yang terlalu banyak juga bisa mengganggu sistem elektronik pada mesin cuci sehingga perlengkapan elektronik ini bisa mengalami kerusakan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mesin cuci front load Cara Mencuci Pakaian Laundry Net Tips mencuci baju