Cara Menyiapkan Meal Prep a gar Bahan Makanan Tahan Lama

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

14 Oktober 2023 23:19 14 Okt 2023 23:19

Thumbnail Cara Menyiapkan Meal Prep a gar Bahan Makanan Tahan Lama Watermark Ketik
Menyiapkan bahan makanan untuk meal prep. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA Meal preparation atau meal prep merupakan sebuah konsep menyiapkan makanan sekaligus yang lebih banyak dan lebih cepat dari jadwal. Dengan melakukan meal prep, kita jadi lebih bisa mengatur bahan-bahan makanan dengan porsi yang pas.

Biasanya waktu yang pas untuk menyiapkan meal prep pada Sabtu dan minggu. Hal ini karena kebanyakan orang memikili waktu senggang pada hari tersebut.

Dengan menggunakan konsep meal prep ini waktu memasak kita akan lebih efisien karena semua bahan telah disiapkan, sehingga anda memiliki banyak waktu untuk melakukan hal lain. Konsep ini juga akan membantu kita untuk mengatur banyaknya porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Dalam menyiapkan meal prep perlu tips khusus agar bahan makanan yang disiapkan tidak cepat membusuk. Hal ini sangat penting agar kita tidak membuang bahan makanan dengan sia sia. Berikut ini adalah tips menyiapkan meal prep agar tidak mudah busuk.

1.Biarkan Makanan Dingin Sebelum ditutup

Sebelum disimpan dalam kulkas, biarkan makanan dingin terlebih dahulu sebelum diletakkan ke dalam kulkas. Agar cepat dingin buka penutup makanan agar uap panasnya bisa keluar. Hal ini sangat penting karena uap air yang terperangkap di dalam wadah dapat membuat makanan cepat membusuk.

Foto Ilustrasi Meal Prep. (Foto: Pexels)Ilustrasi Meal Prep. (Foto: Pexels)

2. Jangan Menambahkan Toping di Makanan

Saat akan menyimpan makanan jangan menambahkan toping di bagian atasnya. Hal ini untuk menjaga agar kesegaran makanan tetap terjaga. Kamu dapat menambahkan toping saat akan memakan makanan yang kamu simpan setelah dipanaskan.

3. Usahakan Memilih Makanan yang Tahan Lama

Saat ingin mempersiapkan bahan makanan untuk meal prep, kamu harus pintar dalam memilih bahan makanan. Pilihlah yang tidak mudah busuk dan tahan lama disimpan dalam kulkas. Misalnya, tomat ceri diganti dengan tomat potong, atau selada diganti dengan bayam dan kale.

4. Simpan Makanan Dalam Wadah Tertutup

Agar makanan lebih tahan lama jangan menyimpannya di sembarang wadah. Simpan bahan makanan pada wadah tertutup atau kedap udara. Hal ini untuk menjaga kesegaran bahan makanan agar tetap terjaga.

5. Jangan Terlalu Lama Menyimpan Bahan Makanan

Walaupun kamu sudah berusaha menyimpan bahan makanan sebaik mungkin, namun usahakan untuk mengkonsumsinya dalam kurun waktu 4 hari. Meskipun beberapa bahan bisa tahan lebih lama, untuk main aman, sebaiknya kita tidak mengonsumsi makanan yang sudah lebih dari empat hari di dalam kulkas.(*)

Tombol Google News

Tags:

Meal prep bahan makanan gaya hidup Menyimpan kulkas Porsi Efisiensi dapur