Cara Merawat Alat Masak Cast Iron Agar Tahan Lama

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

25 Januari 2024 15:04 25 Jan 2024 15:04

Thumbnail Cara Merawat Alat Masak Cast Iron Agar Tahan Lama Watermark Ketik
Ilustrasi alat masak cast iron. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Di era serba moderen seperti saat ini kita sering menjumpai berbagai macam inovasi alat masak baru yang berguna untuk memudahkan pekerjaan kita di dapur. Salah satu alat masak yang terbuat dari besi cor atau yang biasa disebut cast iron.

Alat masak ini dipercaya mampu menghasilkan masakan yang lebih sehat dibandingkan dengan teflon. Walaupun teflon lebih familiar di kalangan ibu-ibu ternyata alat masak tersebut cukup berbahaya bagi kesehatan.

Teflon terbuat dari bahan kimia polytetrafluoroethylene atau PTFE yang bersifat antilengket. Seiring dengan waktu lapisan teflon akan mengelupas karena terpapar dengan panas. Hal ini tentu akan mencemari makanan dan berbahaya bagi kesehatan.

Oleh sebab itu dibuatlah alat masak cast iron yang memiliki lapisan anti lengket sendiri setelah digunakan beberapa kali. Cast iron juga bisa menahan panas lebih lama dibanding wajan biasa sehingga bisa digunakan untuk memanggang kue dan roti.

Akan tetapi walaupun lebih kuat dari teflon, cast iron harus tetap dirawat dengan baik agar awet. Seperti hanya besi pada umumnya cast iron mudah terkena karat jika tidak dirawat dengan baik. Berikut ini kami berikan tips cara merawat alat masak cast iron agar tahan lama.

1. Tunggu Dingin

Setelah digunakan biarkan dulu suhunya dingin sebelum dibersihkan. Jangan membersihkan cast iron pada posisi masih panas, hal tersebut akan membuatnya mudah rusak bahkan pecah.

2. Lap Saat Masih Hangat

Setelah menggunakan cast iron dan ingin menggunakannya kembali untuk memasak hidangan yang lain, cukup bersihkan dengan mengelap menggunakan tisu.

3. Bersihkan Sisa Masakan

Saat membersihkan cast iron jangan lupa membersihkan sisa masakan. Hal ini untuk menghindari sisa makanan menjadi lengket dan susah untuk dibersihkan. Gunakan pengikis plastik yang aman dan hindari penggunaan sabut baja atau pengikis logam untuk menjaga permukaannya agar tidak rusak.

4. Bilas dan Keringkan

Saat mencuci alat masak cast iron usahakan bilas bagian dalam dan luar panci untuk menghilangkan sisa sabun. Setelah itu segera keringkan dengan handuk kertas atau kain lap lembut, jangan biarkan air mengering karena akan meninggalkan bekas dan menyebabkan karat.(*)

Tags:

memasak dapur alat masak Cast Iron Merawat