Cara Merawat dan Menjaga Rangka eSAF Honda Agar Tidak Keropos

Jurnalis: Fajar Anung Setyawan
Editor: M. Rifat

25 Agustus 2023 00:30 25 Agt 2023 00:30

Thumbnail Cara Merawat dan Menjaga Rangka eSAF Honda Agar Tidak Keropos Watermark Ketik
Foto: Rangka eSAF Honda. (Dok. Honda Global)

KETIK, JAKARTA – Saat ini tengah viral dengan rangka honda scoopy terkena keropos yang bernama eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame), model ini digunakan di berbagai varian motor matic yang diaplikasikan Honda sejak 2019.

Model kerangka ini dipakai beberapa motor matic Honda seperti Honda Genio 2019, Honda BeAT tahun 2000, Honda BeAT Street 2020, Honda Scoopy akhir 2020, hingga Honda Vario 160 2022.

Dari pihak Honda sebenarnya sudah memberikan garansi terkait hal tersebut, jadi kalian jangan khawatir. Namun, supaya rangka motor kalian tetap awet untuk menghindari hal tersebut, berikut cara merawat  dan menjaga rangka motor Honda matic kalian agar tidak mudah keropos apalagi sampai rangkanya patah.

Periksakan Ke Bengkel AHASS Resmi

Memeriksa rangka secara rutin di bengkel resmi atau bengkel kepercayaan kalian. Mekanik yang berpengalaman dapat membantu Anda untuk  mengatasi masalah korosi dengan tepat dan teliti.

Butuh perhatian lebih untuk kalian yang mempunyai honda yang menggunakan rangka esAF ini supaya tidak mudah mengalami keropos. Anda dapat memperpanjang umur kendaraan Honda Anda dan menjaga keselamatan serta nilai kendaraan.

Pembersihan Secara Berkala

Bersihkan rangka Honda secara berkala dapat  menghilangkan kotoran, debu, dan kerak yang bisa menjadi tempat berkembangnya korosi. Pastikan juga untuk membersihkan area yang sulit di sentuh  seperti area bawah dan di sekitar roda.

Mengeringkan dengan Teliti Setelah Dicuci

Setelah mencuci kendaraan, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik menggunakan lap bersih atau alat pengering udara. Ini akan menghindari penumpukan air di area-area tertentu yang sulit dikeringkan dan dapat memicu korosi.

Lindungi dengan cairan Pelapis Anti-Korosi

Gunakan cairan anti-korosi seperti cat pelindung khusus atau pelapis tahan karat dan korosi untuk melindungi rangka eSAF ini dari korosi. Cairan ini membentuk lapisan pelindung antara logam dan lingkungan Sekitar untuk  mencegah kontak langsung dan proses korosi.

Lakukan Pemeriksaan Rangka secara Berkala 

Lakukan pemeriksaan pada rangka secara berkala untuk menganalisa tanda-tanda terjadinya  korosi. Jika Anda menemukan bercak karatan, segera lakukan perbaikan sebelum kerusakannya menjadi lebih parah dan menyebar luas ke seluruh bagian rangka.

Penyimpanan di tempat yang Teduh

Jika Anda selesai menggunakan sepeda motor untuk jangka waktu yang lama sebaik ya di simpan di dalam rumah atau di tempat teduh, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang kering, terlindung dari cahaya terik matahari.(*)

 

Tombol Google News

Tags:

rangka esaf honda karatan Honda rangka esaf