Cara Tingkatkan Sensitivitas Sensor Sidik Jari Agar Akurat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

20 April 2024 09:50 20 Apr 2024 09:50

Thumbnail Cara Tingkatkan Sensitivitas Sensor Sidik Jari Agar Akurat Watermark Ketik
Ilustrasi penggunaan sidik jari. (Foto: Husni Habib /Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Sebagai salah satu fitur keamanan, saat ini sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan fitur sidik jari. baik di bagian belakang, depan, tombol samping, atau di bawah layar.

Walaupun teknologi ini sudah semakin canggih dan akurat. Akan tetapi ada kalanya perangkat gagal mengenali sidik jari penggunanya. Hal ini tentu saja cukup merepotkan karena membuat penggunanya tidak bisa mengakses smartphone miliknya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki sensor sidik jari yang akurat agar bisa mengakses ponsel. Berikut ini lima cara yang dapat dilakukan pengguna untuk meningkatkan akurasi sidik jari di HP:

1. Daftarkan jari yang sama lebih dari 1 kali

Sistem di android memungkinkan kita untuk mendaftarkan beberapa sidik jari untuk mengakses smartphone, bahkan dari jari yang sama. Dengan mendaftarkan jari yang sama lebih dari 1 kali akan membuat smartphone lebih cepat dalam membaca sidik jari kita.

Lebih banyak pemindaian berarti lebih banyak data bagi sistem untuk mencocokkan sidik jari, sehingga meningkatkan akurasi dan mengurangi kesalahan.

Untuk melakukannya di Android, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

• Ketuk ikon Settings di HP Android.

• Pilih Lock screen and security.

• Gulir ke bawah dan ketuk Screen lock type, kemudian pilih Fingerprints.

• Tambahkan sidik jari dengan mengikuti petunjuk di layar dan menyelesaikan pengaturan wizard.

Jika pengguna memakai iPhone dengan Touch ID, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

• Navigasikan ke Settings > Touch ID & Passcode, lalu masukkan kode sandi.

• Pilih Add a Fingerprint dan pegang perangkat seperti biasa saat menggunakan sensor Touch ID.

• Ikuti petunjuk di layar untuk menambahkan sidik jari pengguna.

2. Daftarkan sidik jari lain untuk cadangan

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan jari cadangan sensor sidik jari gagal membaca sidik jari utama anda. 

Kegagalan ini bisa disebabkan oleh jari yang kotor dan berminyak. Hal ini menyebabkan sensor kesulitan membaca sidik jari anda. 

Pengguna disarankan untuk menggunakan jari telunjuk sebagai sidik jari cadangan karena jari ini biasanya sejajar dengan pemindai.

3. Sejajarkan jari dengan benar

Penempatan jari adalah kunci untuk mendapatkan kinerja terbaik dari pemindai sidik jari. Tutupi pemindai sepenuhnya dengan ujung jari, letakkan rata tanpa kemiringan apa pun, baik secara vertikal maupun horizontal. Hal ini memastikan sidik jari yang dipindai rata dan berada di tengah.

4. Jaga kebersihan sensor

Jika area permukaan pemindaian sensor sidik jari kotor, pengguna akan kesulitan memindai sidik jari selama proses autentikasi. Untuk menghindarinya, mulailah dengan membersihkan permukaan.

Pengguna bisa menyeka permukaan sensor secara perlahan menggunakan kain mikrofiber yang lembut dan tidak berbulu untuk menghilangkan kotoran, debu, atau noda.

5. Ganti pelindung layar

Ada kalanya sensor sidik jari tidak bekerja dengan baik karena adanya pelindung layar yang menghalangi, terutama yang lebih tebal seperti kaca tempered, cenderung mengurangi sensitivitas sentuhan. Lepaskan pelindung layar untuk memeriksa apakah kinerja sensor meningkat.

Untuk menghindari masalah di kemudian hari, dapatkan pelindung layar dengan potongan khusus untuk sensor sidik jari dan pastikan terpasang dengan benar.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi smartphone Sensor sidik jari Sensitivitas akurat
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1